Mudahnya mendapatkan bahan kimia berbahaya

Senin, 07 Oktober 2013 - 20:09 WIB
Mudahnya mendapatkan bahan kimia berbahaya
Mudahnya mendapatkan bahan kimia berbahaya
A A A
Sindonews.com - Tindak kriminal yang dilakukan pelajar dengan menyiramkan air keras ke pelajar lainnya hingga melukai penumpang lainnya patut waspadai. Pasalnya, untuk mendapatkan bahan kimia berbahaya tersebut cukup mudah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, beberapa toko kimia yang berada di Jalan Jatinegara Barat Raya dengan mudah menjual cairan berbahaya itu dengan harga terjangkau, yakni Rp25 ribu perliter.

Tidak hanya itu, tanpa menanyakan identitas ataupun keperluan membeli, toko tersebut langsung memberikan cairan tersebut kepada pembeli.

"Kalau mau beli sedikit juga bisa, hanya Rp10 ribu untuk sebotol kecil," kata pedagang di toko tersebut.

Dalam kasus penyiraman di bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol pada Jumat 4 Oktober 2013 pagi. Tersangka RN alias Tompel menggunakan cairan kimia yang mengandung soda api untuk menyerang pelajar lain.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Mulyadi Kaharni mengatakan pengawasan jual-beli cairan kimia bukanlah kewenangan pihaknya.

Mulyadi menjelaskan untuk cairan kimia dengan kandungan soda api berkadar 70-80 persen diatur oleh Kementerian Perdagangan.

"Sedang untuk kadar 90-100 persen untuk Farmasi diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan," jelas Mulyadi.

Baca juga: Wajah korban penyiraman air keras melepuh
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8061 seconds (0.1#10.140)
pixels