Situ Parigi dipenuhi sampah

Jum'at, 20 September 2013 - 10:36 WIB
Situ Parigi dipenuhi sampah
Situ Parigi dipenuhi sampah
A A A
Sindonews.com - Kurangnya kepedulian warga terhadap Situ Parigi, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan membuat situ tersebut bagaikan bak sampah raksasa. Untuk mengurangi sampah di situ, sejumlah petugas dan warga bahu-membahu melakukan pembersihan.

Pantauan di lapangan, sampah menumpuk di bantaran situ hingga pintu air yang membuat aliran tersendat. Selain itu, di pinggiran situ banyak berdiri bangunan semi permanen yang dimanfaatkan warga untuk membuka warung.

Bahkan disebelah utara situ dibangunan pool taksi dan gedung sekolah berstandar internasional.

Camat Pondok Aren M. Sahlan mengatakan, bersih situ ini merupakan bagian dari kepedulian warga dan institusi untuk melestarikan situ.

"Banyaknya sampah sehingga terjadi pendangkalan," ungkapnya di lokasi, Jumat (20/9/2013).

Dikatakan, banyaknya sampah berasal dari rumah warga sekitar situ. Bahkan, pihaknya menemukan saluran air dari komplek perumahan langsung dibuang ke situ.

"Situ kan kewenangan pusat. Bersih situ ini hanya kepedulian warga sekitar dan Pemkot Tangsel karena kondisinya memprihatinkan," katanya.

Iapun menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi situ saat ini. Karena untuk melestarikan situ dibutuhkan peran aktif masyarakat dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata.

Sementara itu, Danramil/19 Pondok Aren Kapten ARH Siswanto mengatakan, pihaknya menurunkan puluhan anak buahnya untuk ikut membersihkan kawasan konservasi.

"Bersih-bersih situ sudah jadi agenda mingguan kami, jadi anggota tidak kaget," ujarnya.‎
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6505 seconds (0.1#10.140)