Bank sampah ringankan beban TPA Cipayung

Minggu, 15 September 2013 - 16:32 WIB
Bank sampah ringankan beban TPA Cipayung
Bank sampah ringankan beban TPA Cipayung
A A A
Sindonews.com - Keberadaan bank sampah di Depok, dianggap membantu tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Mengingat produksi sampah di Depok cukup tinggi dan tidak sesuai dengan ketersediaan lahan di TPA Cipayung. Bahkan sejak lama mencuat wacana penutupan TPA tersebut lantaran sudah tak mampu lagi menampung sampah.

Berangkat dari kondisi tersebut membuat Isnarto (42), salah satu warga Depok menggagas pembuatan bank sampah. Selama dua tahun Isnarto mengelola bank sampah hingga lingkungan tempat tinggalnya dikenal sebagai kawasan steril sampah. Kurun waktu tersebut dirinya juga turut mengajarkan dan mengubah pola kebiasaan masyarakat menghadapi sampah rumah tangga.

Saat ini bank sampah yang dikelolanya di RT 002/RW 021 Kelurahan Abadi Jaya, Sukmajaya, Depok mampu mengelola dua sampah per hari. "Selain itu ada 4.200 kepala keluarga tersadar dan mengumpulkan sampah di 120 unit bank sampah yang tersebar di 63 kelurahan di Kota Depok. Saya juga dibantu delapan orang karyawan dengan gaji yang cukup, walaupun dibawah upah minimum kota (UMK)," kata Isnarto kepada wartawan, Minggu (15/9/2013).

Menurut dia, dengan mengubah pola masyarakat memberikan kepuasan tersendiri padanya. Dengan demikian, dia dapat membuat lingkungan menjadi bersih dan bebas dari sampah. "Kepuasannya adalah kita bisa menggerakan masyarakat untuk membersihkan diri dan lingkungannya sendiri, itulah keberhasilan," akunya.

Konsep bank sampah kata dia, meniru konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mas Koki yang mengusung pembayaran dengan sampah. Bank sampah yang dikelolanya berdiri diatas lahan seluas sekitar 1.000 meter persegi.

Menurutnya, bank sampah ini memperkerjakan delapan orang dan memiliki dua unit mobil pick up yang bernama Bank Sampah Depok 01 dan 02. "Masing-masing mobil mengambil sampah dari unit bank sampah sebanyak lima hingga tujuh kali," ungkapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5858 seconds (0.1#10.140)