Bersih-bersih Situ Gintung, belasan kondom berserakan

Jum'at, 06 September 2013 - 20:20 WIB
Bersih-bersih Situ Gintung,...
Bersih-bersih Situ Gintung, belasan kondom berserakan
A A A
Sindonews.com - Kegiatan bersih-bersih Situ Gintung mendadak heboh dengan banyak ditemukannya kondom di kawasan tersebut. Sejumlah aktivis lingkungan yang terlibat dalam aksi bersih-bersih tersebut sempat jijik melihat kondom bekas pakai tersebut berceceran.

Dalam dua jam pembersihan Situ, Aktivis lingkungan dari Association of Solidarity Adventure (ASA) Kota Tangsel tersebut mengumpulkan lima karung sampah.

Sekretaris Jenderal ASA, Nurman mengatakan, kawasan situ gintung banyak dikunjungi warga. Namun, pengunjung tidak memperhatikan kebersihan dilingkungan tersebut.

"Tadi saat bersih-bersih bantaran situ banyak sekali bungkus kondom yang kami temukan. Tentu yang sudah dipakai atau bekas," ungkapnya disela-sela bersih di situ Gintung, Jumat, (6/9).

Dikatakan, hampir setiap malam kawasan tersebut ramai dikunjungi pasangan muda-mudi. Bahkan, malam minggu jadi tempat favorit untuk nongkrong dan berpacaran. Biasanya, pengunjung yang berpasangan ini menggunakan sepeda motor dan masuk ke dalam jalur sepeda.

"Bukan rahasia umum lagi, kalau Situ Gintung jadi tempat berpacaran. Bahkan, ada yang sampai melakukan hubungan badan. Buktinya ada bungkus kondom," katanya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya menyayangkan ketidak pedulian masyarakat maupun pengunjung tidak mengindahkan kebersihan. Seharusnya, sebagai tempat konservasi, kawasan tersebut harus dijaga keutuhan ekosistemnya.

"Kami menggagas untuk membentuk Satgas pelestarian situ. Bukan hanya Situ Gintung saja, tetapi semua situ yang ada di Kota Tangsel," terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)