Halte hemat energi diuji coba selama 2 bulan

Senin, 02 September 2013 - 18:35 WIB
Halte hemat energi diuji coba selama 2 bulan
Halte hemat energi diuji coba selama 2 bulan
A A A
Sindonews.com - Solar cell yang dipasang di Halte Transjakarta Polda Metro Jaya akan menghemat listrik sebesar 80 persen di halte tersebut. Jika uji coba ini sukses, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta akan menerapkan teknologi serupa diseluruh halte Transjakarta.

Kepala BLU Transjakarta, Pargaulan Butarbutar menjelaskan halte Transjakarta yang digagas jajarannya ini ramat lingkungan dengan menggunakan tekhnologi tenaga surya, sehingga bisa mengurangi 80 persen konsumsi listrik di halte-halte Transjakarta.

"Program ini masih dalam tahap uji coba. Kira-kira selama dua bulan alat berbentuk panel selebar delapan meter persegi yang ditanam di atas atap halte tersebut akan dipantau efektivitasnya," terangnya, Senin (2/9/2013).

Ia menjelaskan, setelah dua bulan ke depan, pihaknya akan melakukan evaluasi halte bus Transjakarta di Polda Metro Jaya yang dipilih sebagai titik awal uji coba.

Bila hasilnya positif, pihaknya akan memasang tekhnologi serupa di halte Transjakarta lainnya.

Menurutnya, halte bus Transjakarta yang dipilih harus memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, di titik halte tersebut harus terpapar sinar matahari secara penuh.

"Selain itu, malam hari halte tetap menggunakan listrik," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5403 seconds (0.1#10.140)