Ratusan siswa jalani MOS bareng Polantas

Kamis, 29 Agustus 2013 - 20:01 WIB
Ratusan siswa jalani...
Ratusan siswa jalani MOS bareng Polantas
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 350 siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Bangsa, Beji, Depok, mengikuti sosialisasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas yang digelar Unit Dikyasa Satlantas Polresta Depok. Kegiatan tersebut digelar dalam Masa Orientasi Siswa (MOS).

Sosialisasi bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya dikalangan pelajar.

"Materi yang kita berikan mencakup tentang etika berlalu lintas di jalan raya, seperti penggunaan helm standar, menyalakan lampu utama, dan berkendara dengan baik dan benar," ujar anggota Unit Dikyasa Polresta Depok, Aiptu Ponco Budiyanto kepada wartawan di lapangan SMK Putra Bangsa, Kamis (29/8/2013).

Ia mengatakan, sosialisasi ini akan dilakukan secara berkelanjutan kepada setiap siswa terkait masih tingginya angka kecelakaan dikalangan pelajar.

"25 persen dari kecelakaan lalulintas adalah usia pelajar antara 15 sampai 17 tahun," tuturnya.

Beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan, di antaranya mulai dari kurangnya kesadaran orangtua serta masalah system transportasi yang perlu dibenahi.

Selain itu, masih banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan pengendara dikalangan pelajar, di antaranya tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan tidak mematuhi peraturan.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan siswa SMK Putra Bangsa bisa disiplin dalam berkendara, mematuhi peraturan, serta dapat menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)