Bekasi lelang proyek jalan kota

Kamis, 29 Agustus 2013 - 08:41 WIB
Bekasi lelang proyek jalan kota
Bekasi lelang proyek jalan kota
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai melakukan lelang atas ratusan proyek jalan kota dengan nilai anggaran di atas Rp100 miliar. Kegiatan perbaikan jalan kota yang ada di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan itu ditarget rampung tahun ini.

"Lelang proyek jalan kota baru dibuka dan pemenangnya akan ditentukan bulan depan. Pihak ketiga silahkan mengajukan proposal jika ingin menjadi peserta lelang," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi Tri Adhianto.

Menurutnya, target penyelesaian proyek jalan lingkungan pada Desember nanti, sehingga awal tahun depan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat. Apalagi, masyarakat Bekasi sudah banyak mengeluhkan kerusakan jalan, 2014 mereka sudah bisa nikmati jalan mulus.

Tri menjelaskan, quota proyek jalan kota lebih sedikit dari proyek jalan lingkungan, sekitar 30 persen dari total proyek perbaikan jalan tahun ini sebanyak 2.400 paket pekerjaan. Proyek jalan lingkungan telah kelar pada bulan Puasa lalu.

Untuk anggaran perbaikan jalan Kota Bekasi secara keseluruhan sebesar Rp280 miliar yang terbagi dengan perbaikan jalan lingkungan dan jalan kota. Sedangkan, panjang keseluruhan ruas jalan di Kota Bekasi sekitar 1.000 kilometer.

Terdiri dari jalan lingkungan, jalan kota, jalan provinsi, dan jalan nasional. Untuk biaya perbaikan jalan lingkungan dan jalan kota yang menghubungkan wilayah kecamatan di dalam Kota Bekasi menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

Adapun jalan provinsi yang menjadi penghubung antar daerah di Jawa Barat tanggungjawab pemerintah Jawa Barat, sementara jalan nasional tanggungjawab Pemerintah Pusat. "Selain kami perbaiki, pemerintah Jawa Barat dan pusat juga ikut perbaiki," katanya.

Selain melaksanakan proyek perbaikan jalan, Dinas Binamarga telah mengusulkan alokasi anggaran perbaikan jalan untuk tahun depan. Berdasarkan rencana kegiatan yang telah disusun, jumlah proyek perbaikan jalan dan drainase pada 2014 nanti sebanyak 2.800 paket.

Dengan total anggaran Rp450 miliar, atau lebih besar ketimbang anggaran tahun ini sebesar Rp 280 miliar. Karena, anggaran perbaikan infrastruktur jalan di Kota Bekasi ditarget bagus tanpa ada yang rusak pada tahun 2015 mendatang.

Di Kabupaten Bekasi, Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (DBMPSDA) Kabupaten Bekasi mengusulkan untuk perbaikan jalan dengan anggaran Rp 250 miliar di APBD Tambahan. Rencananya, perbaikan akan dilanjutkan bulan November mendatang.

"Perbaikan lanjutan akan kami lakukan dalam waktu dekat ini, saat ini kami masih melakukan survey jalan mana saja yang akan diperbaiki, dan dilanjutkan perbaikanya," ungkap Kabid Bina Marga DBMPSDA Kabupaten Bekasi Iman Nugraha.

Menurut Iman, untuk alokasi sudah diusulkan sekitar Rp 350 miliar. Namun diperkirakan akan disetujui Rp 250 miliar di APBD Tambahan. Sedangkan, perbaikan jalan di APBD murni sudah berjalan dari beberapa bulan lalu. "November kita kembali perbaiki jalan," katanya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4799 seconds (0.1#10.140)