Ratusan minimarket di Depok nyolong start

Rabu, 21 Agustus 2013 - 17:07 WIB
Ratusan minimarket di Depok nyolong start
Ratusan minimarket di Depok nyolong start
A A A
Sindonews.com - Mayoritas minimarket di Depok nyolong start. Pasalnya, hingga kini masih ada ratusan mini market yang belum mengantongi izin tapi sudah beroperasi.

"Rata-rata curi start lah. Jadi beroperasi dulu baru mengurus izinnya. Padahal, ketentuannya harus ada izin dulu sebelum beroperasi," kata Kepala Bidang Penagakan Peraturan Perundang-undangan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok Lutfi Fauzi di Depok, Rabu (21/08/2013).

Tercatat ada 342 minimarket yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok. Sedangkan 131 di antaranya belum mengantongi izin.

Bahkan ada yang beroperasi setahun lebih tanpa adanya izin. Lutfi menuturkan, pihaknya tidak serta merta melakukan tindakan tegas pada minimarket. Sebelumnya, dilakukan upaya persuasif agar pengelola mau mengurus izinnya.

"Namun jika tetap membandel maka diambil tindakan tegas. Pihaknya baru dapat melakukan tindakan setelah mendapat surat perintah dari dinas teknis terkait," terangnya.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Depok Sjaifuddin Zuchri mengakui, banyaknya minimarket yang belum punya izin. Dia mengatakan, Diperindag sudah sering memberikan surat peringatan kepada mereka.

Menurut dia, hampir semua minimarket yang tidak berizin itu sudah mendapatkan SP 3.

"Kalau penindakan, kami hanya memberi teguran, sampai SP (surat peringatan) 3, setelah itu kami serahkan pada Satpol PP," kelitnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5447 seconds (0.1#10.140)