Gawat, Eko pilih mengemis untuk hidup layak

Jum'at, 26 Juli 2013 - 20:02 WIB
Gawat, Eko pilih mengemis untuk hidup layak
Gawat, Eko pilih mengemis untuk hidup layak
A A A
Sindonews.com - Kendati masih muda, Eko Syahputra (23) tampaknya sudah terlanjur ingin menjadi pengemis kendati sudah 30 kali tertangkap petugas. Di mengaku, mengemis untuk mendapatkan hidup yang layak.

Ditemui di Panti Sosial Bina Insani (PSBI) Kedoya, Jakarta Barat, Syahputra tanpa malu mengakui kalau diirnya hidup lebih baik setelah mengemis.

"Bulan puasa apalagi jelang lebaran pendapatan sehari bisa Rp100 ribu lebih, kalau hari biasa hanya Rp50 ribu-70 ribu," kata Eko Syahputra di Panti Sosial Bina Insani (PSBI) Kedoya, Jumat (26/7/2013).

Pria asal Kemayoran, Jakarta Pusat ini mengaku lebih memilih bekerja sebagai pengemis di lampu merah dibanding memilih untuk menjadi pekerja lainya. Pasalnya, pekerjaan pengemis diyakininya bisa membuat dirinya hidup lebih layak dari pekerjaan lainnya.

Bagaimana tidak, pria yang hanya duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) itu meski sejak 2009 sudah masuk sebanyak 30 kali di PSBI Kedoya tersebut, namun dirinya sudah mampu membelikan TV, Kulkas, sepeda dan Handphone layar sentuh.

"Bapak cuma seorang sopir, adik-adik saya pada bekerja di konveksi, mereka sebulan hanya mendapatkan uang Rp150 ribu," ungkap anak pertama dari empat bersaudara itu.

Dengan keyakinan menjadi pengemis tersebut, pria yang bercita-cita menjadi tentara Angkatan laut itu selalu memiliki berbagai cara untuk kabur dari panti sosial.

Di Panti Balaraja misalnya, belasan kali Eko dibina disana namun dirinya selalu kabur pada hari minggu lantaran di yakini Eko pada hari minggu pengawasan penjaga kurang.

Bahkan ketika dititipkan di panti Comal yang ada di Semarang, Jawa Tengah, Eko pun kembali kabur dan kembali ke Jakarta menggunakan kereta barang.

"Tidak ada pekerjaan yang enak selain menjadi pengemis," ujar Eko yang juga pernah bekerja sebagai tukang semir itu.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6424 seconds (0.1#10.140)