Kepsek adalah ujung tombak pembangunan pendidikan

Sabtu, 13 Juli 2013 - 10:10 WIB
Kepsek adalah ujung...
Kepsek adalah ujung tombak pembangunan pendidikan
A A A
Sindonews.com - DPRD DKI Jakarta tidak mempersoalkan lelang jabatan kepala sekolah (Kepsek) yang akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta kalau untuk kemajuan pendidikan Jakarta. Pasalnya, Kepsek merupakan hal penting dalam perkembangan pendidikan di Jakarta.

"Kalau lelang itu untuk kemajuan dunia pendidikan DKI tidak masalah. Kepala sekolah adalah ujung tombak pembangunan pendidikan, jadi sangat dipertaruhkan kredibelitasnya," kata anggota Komisi E (bidang pendidikan) DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo kepada Sindonews, Sabtu (13/7/2013).

Dia mengimbau, agar Disdik mengorek track record calon Kepsek dari para siswa, tetapi juga harus merahasiakan suara siswa itu demi kenyamanan siswa didik.

"Yang utama Disdik harus bisa mencari dan mendengar keluhan-keluhan dari siswa-siswa dan menjamin kerahasian tersebut. Karena, kalau sampai keluhan siswa bocor maka siswa tersebut akan ditekan malah bisa tidak naik kelas," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Pasalnya, kata pria yang biasa disapa Rio ini, itu merupakan hal yang penting guna menelusuri calon Kepsek yang berkwalitas.

"Teknis mendapatkan keluhan siswa menjadi kunci kualitas seorang kepala sekolah, hal ini yang mesti dipikiran oleh Disdik agar proses lelang kepala sekolah tidak hanya formalitas," kata dia.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0853 seconds (0.1#10.140)