KTP palsu hambat distribusi KJS

Senin, 08 Juli 2013 - 15:00 WIB
KTP palsu hambat distribusi KJS
KTP palsu hambat distribusi KJS
A A A
Sindonews.com - Program Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang digulirkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkendala persoalan data penduduk ber-KTP palsu dan ganda. Saat ini, dari 4,7 KJS baru disalurkan sekira 2,2 juta kartu.

"Di lapangan, kita masih banyak temukan KTP palsu. Sehingga masyarakat miskin yang berhak atas KJS belum semuanya mendapatkan layanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati saat dihubungi, Senin (8/7/2013).

Menurutnya, persoalan ini ditemukan ketika pihaknya melakukan verifikasi data pendaftaran di Puskesmas dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta. Selain itu, di lapangan juga didapati pula oknum yang ngotot mendapatkan KJS dengan modus KTP ganda.

"Target KJS sebanyak 4,7 juta warga Jakarta, tapi sekarang baru 2,2 juta yang menerimanya. Persoalan ini sudah kita serahkan ke Disdukcapil dan akan terus dikoordinasikan," tukasnya.

Terkait permasalahan ini, Dien mengimbau kepada warga Jakarta yang tergolong miskin agar segera melakukan pendaftaran ke Puskesmas terdekat. Jajarannya sendiri telah menyiapkan petugas khusus yang ditugaskan melayani masyarakat mengurus percepatan pendistibusian KJS.

"Warga yang belum menerima KJS, kita imbau segera lakukan pendaftaran di puskesmas. Di sana nanti petugas kami akan langsung mendata, mengentry dan langsung memberikan KJS," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)