PT KAI bongkar 95 kios di Stasiun Lenteng Agung

Selasa, 28 Mei 2013 - 09:57 WIB
PT KAI bongkar 95 kios di Stasiun Lenteng Agung
PT KAI bongkar 95 kios di Stasiun Lenteng Agung
A A A
Sindonews.com - PT KAI (Kereta Api Indonesia) kembali melakukan penertiban kios pedagang. Kali ini penertiban dilangsungkan di Stasiun Lenteng Agung, Jagakarsa Jakarta Selatan. Di stasiun tersebut, terhitung ada 95 kios yang dibongkar.

Meski demikian, pembongkaran itu berjalan lancar dan kondusif tanpa ada perlawanan dari pedagang. Demikian diungkapkan Kepala Humas PT KAI Daop I Sukendar Mulya saat ditemui Sindonews di Stasiun Lenteng Agung, Selasa (28/5/2013).

"Ada 95 kios yang dibongkar. Sebanyak 55 kios baru habis masa kontraknya bulan ini, sedangkan 40 kios lainnya sudah lama habis masa sewanya dari tahun 2012," ujarnya.

Sukendar menjelaskan, kios-kios itu dibongkar karena berdiri di atas areal peron dan dekat pintu masuk stasiun. Mayoritas kios yang dibongkar merupakan bangunan permanen pedagang pakaian, makanan, barang elektronik dan isi ulang pulsa.

"40 kios dibongkar penyewanya sendiri sejak dua hari lalu," jelasnya.

Dalam penertiban ini, kata Sukendar, pihaknya menerjunkan 200 petugas gabungan dari Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api), PKD (Petugas Keamanan Dalam), Polsek Jagakarsa, anggota TNI dan Tim Biru.

"Tim Biru ini yang tugasnya merobohkan bangunan hingga mengangkutnya dengan alat berat. Sore nanti stasiun sudah bersih dari puing-puing bangunan," paparnya.

Ia menambahkan, penertiban kios dan lapak pedagang di Stasiun Lenteng Agung ini bukan akhir dari kegiatan sterilisasi stasiun dalam rangka penerapan sistem e-ticketing pada 1 Juni 2013. Ke depannya, pihaknya akan melangsungkan penertiban di Stasiun UI (Universitas Indonesia).

"Optimis penertiban bisa dilakukan di semua stasiun, tidak terkecuali Stasiun UI," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)