PT KAI resmikan jalur ganda Serpong-Maja

Rabu, 17 April 2013 - 19:04 WIB
PT KAI resmikan jalur ganda Serpong-Maja
PT KAI resmikan jalur ganda Serpong-Maja
A A A
Sindonews.com - Kebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal seperti kereta api terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan itu, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) membuka jalur ganda Serpong-Parung Panjang-Maja. Dibukanya jalur ganda tersebut, secara resmi menjalin hubungan kerjasama antara Pemerintah Jerman–Indonesia.

“Jalur ganda ini tidak akan berhenti hanya sampai Maja, tetapi kita juga akan lanjutkan sampai Merak. Kenapa? Karena kita ini memfasilitasi penumpang commuter dari Banten ke Jakarta,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, di Tangerang, Rabu (17/4/2013).

Pembangunan jalur kereta itu, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, mempercepat waktu tempuh, meningkatkan kapasitas lintas KA dari 101 KA per hari menjadi 128 KA per hari. KAI mencatat, jalur ini jumlah penumpangnya rata-rata sebanyak 69.350 orang per hari.

Dengan dibukanya jalur ganda tersebut, diharapkan dapat mengurangi kendaraan yang muatannya berat. Hal itu selain dapat mengurangi kemacetan di jalan raya, juga diharapkan dapat memperpanjang usia jalan yang dilintasi truk dengan muatan berat.

“Saya sering dikomplain, akibat truk itu jalan yang seharusnya usianya lima tahun tetapi tak sampai lima tahun sudah rusak. Dan, saya yakinkan dengan adanya jalur ganda ini bisa, kita bisa mengurangi beban, asal ada kerjasama yang erat seperti ini,” terangnya.

Menurut Bambang, pihaknya akan membagi fungsi itu dengan Pemerintah Provinsi Banten, khususnya kepada Dinas Bina Marga yang bertujuan agar bisa memaksimalkan jalan raya.

"Kita setuju rangkaian truk bisa dipindah ke kereta barang. Ini tentu selain memaksimalkan jalan raya, akan menghemat BBM,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7848 seconds (0.1#10.140)