5 pemalsu akta ICV dibekuk polisi bandara

Kamis, 11 April 2013 - 12:08 WIB
5 pemalsu akta ICV dibekuk...
5 pemalsu akta ICV dibekuk polisi bandara
A A A
Sindonews.com - Lima pemalsu akta International Certificate of Vaccination (ICV) Meningitis Meningokokus dibekuk polisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Mereka adalah jaringan perekrut jamaah haji dan umrah ilegal.

"Kelimanya berinisial AS, YY, AHM, DK dan DPK. Kami tangkap mereka di sekitar bandara ini. Sanksi pidana kita kenakan karena mereka memalsukan akta yang seolah isinya cocok," ujar Waka Polres Bandara Soetta AKBP Tantan Sulistyana di Tangerang, Kamis (11/4/2014).

Atas penangkapan itu, pihaknya bersama petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta melakukan razia terhadap 400 jamaah umrah yang akan berangkat, di Terminal 2D Bandara Soetta. Razia dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya jamaah yang memakai ICV palsu.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan I Bandara Soetta, Imam Triyantoro mengatakan, dari sekitar 400 jamaah umroh yang pagi tadi berangkat, tak ditemukan satu pun yang tak valid akte ICVnya.

"Jika sampai tak valid akta ICV-nya, jamaah tak perlu khawatir tak berangkat. Apakah disuntik? Kita memang tak menyediakan di bandara, adanya di kantor kita. Tetapi kami akan berikan obat yang fungsinya mirip," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7804 seconds (0.1#10.140)