Hari Raya Nyepi dimeriahkan atraksi kebudayaan

Kamis, 07 Maret 2013 - 14:28 WIB
Hari Raya Nyepi dimeriahkan atraksi kebudayaan
Hari Raya Nyepi dimeriahkan atraksi kebudayaan
A A A
Sindonews.com - Penganut Hindu di Jakarta bersiap untuk menyambut Hari Raya Nyepi, tahun Baru Saka 1935. Hal itu di sampaikan I Ketut Wiardara Ketua Parisada Hindu, saat menyampaikan pernyataan sikapnya di pressroom Balai Kota DKI Jakarta, tadi siang.

Menurutnya, hari raya nyepi tahun baru Saka atau menurut penanggalan masehi di sebut Caka 1935, merupakan tahun baru Hindu yang di mulai sejak tahun 78 masehi, Dan kaum Hindu meyakini hari raya saka tahun ini, jatuh pada tanggal 12 Maret mendatang.

"Perayaan hari raya Umat Hindu akan kita peringati pada tanggal 12 Maret nanti. Nyepi kali ini, adalah penyucian dan pembersihan alam manusia dan alam semesta seluruh isinya," ujar I Ketut, di pressroom, Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Selain itu, dalam perayaan nyepi di Jakarta, Umat Hindu akan menyuguhkan atraksi seni budaya menyambut nyepi, yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 11 Maret. Dalam atraksi seni budaya tersebut, Umat Hindu menamakannya parade ogoh-ogoh.

Rencananya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan ditunjuk memimpin langsung pelepasan pawai seni budaya Nusantara karya anak muda Hindu di Jakarta.

I Ketut menambahkan, dalam pawai seni budaya Hindu, warga Jakarta akan di suguhkan penampilan kelompok seni Reog Ponorogo, Komunitas Majapahit (Masyarakat Jawa yang beragama Hindu), group seni Barong Sae, Kelompok seni Marawis dan seni Betawi. Umat Hindu di Jakarta juga mengundang umat beragama lain dalam peryaan hari raya tersebut.

"Nantinya kita akan adakan doa bersama semua agama di situ," imbuhnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3313 seconds (0.1#10.140)