Ratusan warga Jakarta ikuti kesehatan gratis

Minggu, 24 Februari 2013 - 15:34 WIB
Ratusan warga Jakarta ikuti kesehatan gratis
Ratusan warga Jakarta ikuti kesehatan gratis
A A A
Sindonews.com - Lembaga kemanusiaan PKPU menggelar pelayanan kesehatan gratis, di Kelurahan Kebon Pala RW 04, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Acara yang bekerjasama dengan HSBCini, mendapat sambutan hangat warga. Tercatat, sekira 200 warga setempat mengikuti kegiatan ini.

Koordinator CSR PKPU Dimas Maulana menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

"Wilayah-wilayah sasaran dari kegiatan ini adalah wilayah yang masyarakatnya mayoritas berada di bawah garis kemiskinan, jarak antara sarana kesehatan cukup jauh dan terkena dampak bencana," ujar Dimas kepada Sindonews, Minggu. (24/2/2013).

Ditambahkan dia, kegiatan ini sebagai tindak lanjut program pasca bencana. Adapun kegiatan yang dilangsungkan konsultasi kesehatan, pengukuran tensi, cek gula darah dan obat-obatan.

Selain itu, juga dilaksanakan program peningkatan gizi balita, pemberian makanan tambahan, peralatan untuk posyandu, dan pendirian dapur air, berupa pemberian minuman dan makanan ringan.

Koordinator Prosmiling PKPU Asri Permata menambahkan, pelayanan kesehatan dilakukan di empat wilayah. Kegiatan ini sudah beberapa kali digelar oleh PKPU semenjak bencana banjir mulai terjadi di awal Januari. Aksi program kesehatan ini, diklaim telah melayanilebih dari3.000 orang.

"Setiap tempat, kami menurunkan dua orang dokter, satu apoteker, satu ahli gizi dan empat staf, serta lima orang relawan," tambah Asri.

Rata-rata, kata Asri, masyarakat yang berobat mengeluhkan sakit gatal-gatal, demam, hipertensi, rematik, penyakit kulit dan radang tenggorokan (ISPA). Bahkan ada juga konsultasi mengenai gizi anak dan balita. Bagi penderita penyakit yang butuh perawatan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Sementara itu, CSR Officer HSBC Vido Latupeirissa menyambut baik kegiatan kesehatan gratis yang dilakukan PKPU.

“Sinerji antara korporat dengan lembaga sosial seperti ini sangat kita harapkan dan harus terus didorong. Hal ini sudah dibuktikan PKPU bersama dengan HSBC mampu bersama-sama melakukan pelayanan kesehatan bagi para warga korban banjir,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, bahwa masa tanggap darurat banjir telah berakhir dan mulai memasuki masa transisi darurat mulai tanggal 28 Januari-26 Februari 2013 (recovery).
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6033 seconds (0.1#10.140)