Pengemis eks kusta melekat di Kota Tangerang

Senin, 18 Februari 2013 - 19:51 WIB
Pengemis eks kusta melekat di Kota Tangerang
Pengemis eks kusta melekat di Kota Tangerang
A A A
Sindonews.com - Masalah gembel dan pengemis terutama eks penderita kusta, masih melekat di Kota Tangerang. Belum adanya solusi dari pemerintah pusat terkait penanganan eks kusta setelah selesai berobat mengakibatkan gepeng eks kusta kembali berkeliaran di jalan.

"Ya, memang belum ada solusinya untuk eks kusta yang kondisinya memprihatinkan, semisal kaki atau tangan yang tidak lengkap atau jari-jari yang tidak lengkap," kata Erlan Rusnarlan, Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang kepada wartawan, di Tangerang, Senin (18/2/2013).

Dikatakan Erlan, bahwa sebagian eks kusta sudah diberdayakan dan dipekerjakan di Dinas Kebersihan dengan upah Rp50 ribu perhari. Akan tetapi untuk eks kusta yang kondisi tubuhnya tidak lengkap tidak dapat diberdayakan.

"Biasanya yang kembali turun kejalan adalah eks kusta yang saat dilatih tidak mendapatkan apa-apa karena keterbatasannya, biasanya mereka terpaksa turun kembali kejalanan mengemis," terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Wahidin Halim meminta, Menkes RI Nafsiah Mboi agar bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk mencari solusi penanganan eks kusta yang selesai berobat di RS Sitanala.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7790 seconds (0.1#10.140)