Kementerian PU bangun UPS di TPA Cipayung

Kamis, 07 Februari 2013 - 13:59 WIB
Kementerian PU bangun UPS di TPA Cipayung
Kementerian PU bangun UPS di TPA Cipayung
A A A
Sindonews.com - Jumlah kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, saat ini sudah dalam kondisi penuh atau overload. Sebab, lebih dari 4.000 meter kubik sampah harus diangkut ke sana setiap hari.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan, tahun ini Kementrian Pekerjaan Umum (PU) akan membangun Unit Pengolahan Sampah (UPS) di kawasan TPA. Instalasi tersebut diyakini akan mampu mengurangi jumlah kapasitas sampah di TPA.

"Di TPA kita kan ada kolam ABC, Kementrian PU melalui Dirjen Cipta Karya akan membangun kolam di kawasan C, yakni berupa instalasi pengolahan kurangi daya tampung sampah," ungkapnya kepada wartawan di Balai Kota Depok, Kamis (7/2/2013).

Instalasi tersebut, nantinya akan menghasilkan energi listrik bagi satu kelurahan. Anggarannya menelan dana ratusan miliar. Pihaknya juga akan memperluas TPA untuk meningkatkan daya tampung sampah di tahun 2014.

"Tentu ada pembebasan lahan delapan hektar. Nanti akan ada pengolahan, 2014 kami membangun. Sekarang sudah mulai pembebasan. Kita siapkan lahan saja, operasinya kita ikutin. Proyeknya pemerintah pusat," ungkapnya.

Sebab sebelumnya, diprediksi tahun 2013 TPA Cipayung Depok akan overload dan tak mampu menampung sampah. "Kita akan meningkatkan kapasitas, memperluas TPA, supaya kapasitas cukup," imbuhnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)