Lestarikan budaya Betawi dimulai melalui muatan lokal

Selasa, 05 Februari 2013 - 23:13 WIB
Lestarikan budaya Betawi dimulai melalui muatan lokal
Lestarikan budaya Betawi dimulai melalui muatan lokal
A A A
Sindonews.com - Rencananya pembangunan Jakarta akan diarahkan pada basis budaya Betawi. Hal ini sangat diapresiasi oleh banyak pihak, namun perlu adanya suatu persiapan dari Pemprov DKI sendiri, agar deskripsi mengenai Betawi sendiri jelas.

Hal ini diungkapkan JJ Rizal sejarawan nasional, saat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013-2017, di Gedung Agung, Balai Kota.

"Rencana strategis Betawi sebagai kultur jakarta saya nggak liat. Cara mendeskripsikan betawi apa," tutur Rizal, Selasa (5/2/2013).

Menurutnya, medium yang efektif untuk mulai menjadikan Jakarta sebagai kota dengan basis budaya Betawi, sebaiknya dimulai dari muatan lokal untuk merangsang anak-anak.

"Medium paling efektif yakni muatan lokal karena orang tua akan berperan nanti," jelas Rizal.

Ia menambahkan, DKI Jakarta perlu memiliki sekolah yang dengan muatan lokal yang nantinya bisa dikolaborasi, dengan berbagai kebudayaan mengingat Jakarta memiliki heterogenitas masyarakat yang tinggi.

"Kalau sekolah ini punya muatan lokal, itu perlu diajarkan kebudayaan betawi yang nantinya akan dikolaborasi dengan berbagai kebudayaan mancanegara maupun Indonesia," tuturnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7131 seconds (0.1#10.140)