Besok, Stasiun Kampung Bandan sudah beroperasi

Senin, 28 Januari 2013 - 22:54 WIB
Besok, Stasiun Kampung Bandan sudah beroperasi
Besok, Stasiun Kampung Bandan sudah beroperasi
A A A
Sindonews.com – Besok Selasa (29/1) Stasiun Kampung Bandan sudah bisa dilintasi kereta commuterline maupun kereta api jarak jauh.

Pasalnya di kawasan ini sudah dilakukan peninggian track setinggi 30 cm dari tempat awalnya.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Purbawa mengatakan, sejak banjir melanda Jakarta pada 17 Januari 2013 lalu, stasiun Kampung Bandan tidak bisa dilalui kereta api karena rel terendam banjir.

Ia mengaku, hal itu diperparah lambatnya penurunan ketinggian air karena dampak dari pasangnya air laut. Sehingga PT KAI (Persero) mengambil langkah melakukan peninggian rel atau track di stasiun Kampung Bandan.

“Untuk pengerjaan peninggian tersebut dilakukan pada 21 Januari sampai 26 Januari,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Purbawa, Senin (28/1/2013).

Selain peninggian rel atau track, pihaknya juga melakukan menyesuaian ketinggian kawat listrik aliran atas (LAA).

Karena ketinggian kawat LAA harus disesuaikan agar jarak pantograf pada KRL sesuai standar sehingga aliran listrik menjadi optimal.

"Setelah selesai melakukan perjalanan ujicoba, maka dapat dipastikan hari ini jalur lingkar sudah bisa beroperasi di Stasiun Kampung Bandan," ujar Purbawa.

Purbawa menambahkan, khusus untuk kereta api jarak jauh yang pemberangkatan awalnya dari Stasiun Jakarta Kota melalui Pasar Senen, tetap dialihkan melalui rute Jakarta kota lewat stasiun Manggarai dan berhenti di Stasiun Jatinegara.

“Seperti KA Gumarang tujuan Surabaya, KA Serayu pagi dan malam tujuan Kroya dan KA Gaya Baru Malam tujuan Surabaya,” katanya.

Sementara itu KA Tawang Jaya tujuan Semarang dan KA Tegalarum tujuan tegal mengakhiri dan mengawali perjalanannya di Stasiun Pasar Senen.

“kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik,” tegasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7574 seconds (0.1#10.140)