Pemkot Depok siapkan lahan bangun waduk di Cimanggis

Jum'at, 25 Januari 2013 - 15:02 WIB
Pemkot Depok siapkan lahan bangun waduk di Cimanggis
Pemkot Depok siapkan lahan bangun waduk di Cimanggis
A A A
Sindonews.com - Banjir kiriman dari Bogor yang melati Depok dan berujung di Jakarta, mengakibatkan ribuan rumah tergenang dan belasan ribu orang mengungsi. Untuk itu dibutuhkan penanganan yang konkret. Diantaranya adalah dengan membangun waduk besar di daerah yang terlintasi banjir kiriman.

Pemerintah Kota Depok mengaku tengah menyiapkan lahan untuk membangun waduk yang rencananya akan dibangun di Cimanggis, Depok. Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Depok M Munir.

Menurut Munir, pihaknya sudah mendengar rencana tersebut yang nantinya seluruh pendanaannya akan dilakukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum. Sementara Depok, kata dia, berperan untuk menyiapkan lahan saja.

"Terkait dengan pembuatan waduk Cimanggis itu, dananya dari APBN. Cimanggis dan Ciawi. Kita belum survey, memang baru rencana," katanya kepada wartawan di Balai Kota Depok, Jumat (25/1/2013).

Untuk itu, lanjut Munir, perlu ada pembebasan lahan yang anggarannya juga akan ditanggung oleh APBN. Namun Munir belum tahu persis berapa hektar luas waduk tersebut karena masih dalam proses pembahasan.

"Enggak tahu berapa hektarnya, kita hanya ketempatan lahan. Belum ada konfirmasi, baru perencanaan. Rapat juga belum. Mungkin dengan wali kota sudah, antara pusat dan daerah sudah komunikasi, kalau dengan gubernur belum," paparnya.

Menurut Munir, waduk tersebut berguna untuk menahan air, sehingga air limpasan ke DKI Jakarta bisa berkurang. Munir memprediksi, lokasi waduk tersebut ada di daerah sekitar lokasi yang alirannya mengarah ke sungai Kalibaru, Cimanggis, Depok.

"Jadi air bisa ditahan dulu. Tentu pembangunannya harus kuat dan kokoh, sehingga tak terjadi jebol seperti Gintung, konstruksinya harus betul-betul kuat dan tahan lama," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3609 seconds (0.1#10.140)