Cuaca ekstrim masih akan terjadi tiga hari kedepan

Jum'at, 18 Januari 2013 - 15:11 WIB
Cuaca ekstrim masih akan terjadi tiga hari kedepan
Cuaca ekstrim masih akan terjadi tiga hari kedepan
A A A
Sindonews.com - Cuaca ektrim yang mengakibatkan hujan turun di wilayah Bogor dan sekitarnya, akan turun dalam waktu dua sampai tiga hari kedepan. Hal itu dikatakan Nuryadi Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Dramaga, Bogor.

Menurutnya, prediksi hujan di wilayah Bogor akan terjadi dua sampai tiga hari ke depan atau sampai Minggu (20/1/2013) mendatang akan tetap turun hujan secara lebat.

Ia mengaku, penyebab utama curah hujan sangat tinggi karena adanya awan cumulonimbus, dan cumulus di atas Jabodetabek yang sifatnya terus menerus. Awan tersebut muncul karena adanya angin barat yang membawa uap air.

Nuryadi menjelaskan, jika di wilayah Bogor dan puncak hujan turun di atas 100 milimeter perhari, maka dipastikan wilayaha Jakarta akan terkena dampak banjjir. Ia mencontohkan, ketinggian air di bendungan Katulampa Bogor pagi tadi mencapai siaga satu, karena hujan di puncak mencapai 118 milimeter.

“Jika diatas itu kemungkinan banjir kiriman akan semakin besar,” kata Nuryadi Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Dramaga, Bogor, Jumat (18/1/2013).

Berdasarkan data BMKG untuk wilayah Bogor, curah hujan yang tertinggi sebanyak 136 milimeter dan terjadi di tahun 2006 lalu.

Sementara itu, jika dibandingkan untuk tahun 2007 cuaca di Bogor pada tahun ini tidak separah 2007. Namun, ia menambahkan, musim hujan masih akan terjadi sampai bulan Februari sehinggi belum menyimpulkan seberapa parah musim hujan di tahun 2013.

Untuk mencegah kepanikan warga, pihaknya selalu memberikan informasi mengenai cuaca ke instansi yang lainnya dan pemda daki Jakarta.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5816 seconds (0.1#10.140)