Bendungan Pasar Baru Tangerang siaga satu

Selasa, 15 Januari 2013 - 19:13 WIB
Bendungan Pasar Baru Tangerang siaga satu
Bendungan Pasar Baru Tangerang siaga satu
A A A
Sindonews.com - Debit air Sungai Cisadane di Bendungan Pasar Baru (Pintu Air Sepuluh), mendekati siaga satu. Sekitar pukul 08.00 WIB, debit air mencapai 463,3 meter kubik per detik dengan ketinggian mukai air 8,80 meter. Bahkan, petugas Bendungan Pasar Baru telah membunyian sirine peringatan agar warga siap siaga.

Kepala Bendungan Pasar Baru Sumarto mengatakan, Sungai Cisadane memasuki siaga satu jika ketinggian muka air di atas sembilan meter. Sementara ketinggian normalnya adalah 12,40-12,50 meter dan debit air 40-50 meter kubik per detik.

“Saat ini sudah mencapai 8,80 meter, sudah mendekati siaga satu,” katanya kepada wartawan di Tangerang, Selasa (15/1/2013).

Sumarto menjelaskan, tingginya debit air didominasi kiriman air dari Bogor. Sedangkan hujan di wilayah Tangerang tidak terlalu mempengahuhi. Debit air, akan terus bertambah hingga sore nanti.

“Berdasarkan informasi dari Pos Curah Hujan di Batu Belah Bogor, ketinggian air di sana pada pukul 06.00 WIB, mencapai 4 meter dan pada pukul 09.00 WIB, meningkat menjadi 5,30 meter. Diperkirakan sampai ke Tangerang sekitar 5-6 jam atau pukul 15.00 WIB,” terangnya.

Dia menjelaskan, jika debit air bertambah, wilayah Kota Tangerang yang berpotensi banjir adalah Pondok Arum dan Total Persada. Hal itu disebabkan air dari Kali Sabi yang seharusnya mengali ke Sungai Cisadane berbalik arah akibat debit air yang terlalu tinggi.

“Kemungkinan air dari Cisadane malah masuk ke Kali Sabi, sehingga wilayah rendah yang dilewati Kali Sabi akan banjir,” papar Sumarto.

Saat ini, kata Sumarto, pihaknya terus memantau debit air Sungai Cisadane dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tangerang. Jika air sudah masuk siaga satu, pihaknya akan menyalakan menyalakan sirine sebagai peringatan banjir.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)