Sembuh, Rasyid tak langsung ditahan

Jum'at, 04 Januari 2013 - 14:41 WIB
Sembuh, Rasyid tak langsung ditahan
Sembuh, Rasyid tak langsung ditahan
A A A
Sindonews.com - Kendati pihak Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) telah menyatakan secara fisik, anak bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Muhamad Rasyid Amrullah (22), tersangka kasus tabrakan maut di Tol Jagorawi, sudah sembuh. Namun pihak kepolisian masih belum melakukan pemeriksaan.

Alasannya, belum ada surat keterangan dari pihak RSPP yang menyatakan, boleh memeriksa Rasyid. Karena yang bersangkutan masih mengalami trauma dan perlu dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Yang menentukan dokter yang merawat, kalau dalam waktu dekat ini sudah sembuh ya bisa diperiksa lanjut," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Ditambahkan dia, untuk penahanan, masalah etik saja. Sebab saat ini pelaku masih dalam perawatan rumah sakit, dan pihak keluarga pelaku juga sudah menyerahkan proses hukum kepada polisi.

"Itu (penahanan) masalah etik saja, yang jelas keluarga Rasyid sudah meyerahkan proses hukum kepada polisinya. Kalo sembuh kita lakukan pemeriksaan," lanjutnya.

Sebelum sampai kepada masa penahanan, penyidik harus meminta keterangan sejumlah saksi terlebih dahulu. "Menahan itu kewenangan penyidik ya, karena keterangan saksi juga banyak. Kalau sudah sembuh, diperiksa dan dikonfirmasikan dengan keterangan-keterangan saksi yang ada," lanjutnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan dan kelalainnya, tersangka akan dijerat dengan Undang-undang Lalu Lintas pasal 283 dan 287, dengan ancaman hukuman kurungan di atas lima tahun.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7057 seconds (0.1#10.140)