Tambora padat dengan pekerja konveksi

Sabtu, 22 Desember 2012 - 16:11 WIB
Tambora padat dengan pekerja konveksi
Tambora padat dengan pekerja konveksi
A A A
Sindonews.com - Jakarta memang kota metropolitan apa saja ada di Jakarta, tidak menutup kemungkinan dipenuhi oleh kawasan dan pemukiman yang padat penduduk. Salah satunya kawasan Tambora, Jakarta Barat. Kawasan yang dipenuhi oleh ribuan pendatang dari berbagai daerah. Yang rata-rata mereka bekerja sebagai pekerja konveksi.

Hal ini yang sangat disayangkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dia menilai, pekerja konveksi di Tambora sangat memprihatinkan. Mereka harus tidur secara bergantian, karena keterbatasan tempat. Atas dasar inilah Pemprov akan membangun rusun.

"Jangan pegawai sampe tidur bergantian. kalo di situ (Tambora) tidur berdiri, semua tidur berdiri. kalo dia (tidur) ganti shift, yang kerja siang tidur untuk kerja malam, yang malam sebaliknya," ujar pria yang akrab disapa Ahok ini di Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (22/12/2012).

Dengan keadaan seperti itu, Ahok berjanji, kan membuat rusun dengan sewaan yang murah. Uang sebesar Rp450.000 yang biasa mereka keluarkan akan lebih hemat Rp250.000 untuk biaya sewa rusun.

"Nah kita mau sewakan rumah-rumah kerja yang murah. Untuk yang tidak mampu dia bisa bantu kebersihan sampah, taman. Jadi bayangkan dia sewa rumah petak Rp450 ribu, bayar rumah susun paling cuma Rp200 ribu bisa sekeluarga," tambahnya.

Ahok akan berupaya terus memperbaiki kawasan penduduk ini. "Dan itu yang mau kita rubah, nah itu yang mau kita bedah kampung," tukasnya.

Ibu Kota DKI Jakarta memang menjadi tujuan semua rakyat Indonesia. Jakarta merupakan tulang punggung perekonomian negara, pusat pemerintahan dengan fasilitas yang beraneka ragam. Sayangnya, faktor tersebut mengakibatkan sentralisasi penduduk di Jakarta.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)