Sulit diketahui, namun mudah dicegah

Jum'at, 21 Desember 2012 - 14:33 WIB
Sulit diketahui, namun mudah dicegah
Sulit diketahui, namun mudah dicegah
A A A
Sindonews.com - Hipertensi adalah faktor utama penyebab seorang ibu mengalami kematian saat melahirkan. Penyebabnya memang sulit diketahui, namun hal ini dapat dicegah. Misalnya, periksa kehamilan sejak awal dan sering lakukan konsultasi dengan dokter pribadi.

"Meskipun hipertensi sulit diketahui penyebabnya, namun kita bisa mencegahnya. Salah satunya dengan sering melakukan check up ke rumah sakit atau puskesmas, terutama diawal kehamilan," tutur Dr Lysbeth Staff Dinas Kesehatan saat ditemui sindonews di Jalan Kesehatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2012).

Upaya pengetahuan dini penting pada saat awal kehamilan, atau saat kandungan berusia 2-4 bulan. Dan jangan sampai baru diketahui saat akhir kehamilan.

"Pengetahuan dini itu penting. Biasanya diakhir kehamilan baru diketahui. Jangan sampai setelah mau melahirkan ibunya tidak mengetahui, dia sendiri punya hipertensi," tambahnya.

Ia menganjurkan untuk masa hamil tua, 4 minggu terakhir menjelang melahirkan, seorang ibu harus lebih sering kontrol ke dokter kandungan.

"Tiap minggu di 4 minggu terakhir kehamilan sering ke dokter. Ya semester-semester akhirlah harus lebih aware," tandasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)