Kebakaran di Jakarta bukan sabotase

Kamis, 20 Desember 2012 - 22:08 WIB
Kebakaran di Jakarta bukan sabotase
Kebakaran di Jakarta bukan sabotase
A A A
Sindonews.com - Kejadian kebakaran di pemukiman warga di Jakarta kerapkali diduga karena sabotase atau tindak kecurangan lainnya.

Oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arfan Kalie, dugaan adanya sabotase atau kecurangan itu dibantahnya. Yang benar, kebakaran terjadi lantaran pemasangan instalasi listrk yang bermasalah.

"Masalahnya, kebanyakan itu diakibatkan oleh instalasi listrik yang amburadul. Warga itu membangun rumah sembarangan. Dan kebanyakan adalah tanah milik PJKA, Pertamina. Bukan tanah miliknya sendiri," ujar Arfan di kantor BPBD Jalan Merdeka Selatan, Kamis (20/12/2012).

Menurutnya, akibat kebijakan nasional kemudian orang berbondong-bondong datang ke Jakarta kemudian membangun pemukiman secara liar. Faktor lain ikut berperan adalah ekonomi, politik, hukum dan sosial. Sehingga, bencana akan terus menerus muncul di Jakarta.

Untuk mencegah musibah kebakaran masyarakat diimbau membangun rumah dengan instalasi listrik yang standart dan membangun rumah di atas lahan sendiri.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6774 seconds (0.1#10.140)