Polres Bandara Soetta tangkap pengedar uang palsu

Minggu, 12 Agustus 2012 - 17:23 WIB
Polres Bandara Soetta tangkap pengedar uang palsu
Polres Bandara Soetta tangkap pengedar uang palsu
A A A
Sindonews.com - Petugas Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta membekuk pengedar uang palsu, dengan modus membelanjakan uang palsu tersebut dengan tiket dan oleh-oleh saat berangkat dari Surabaya menuju Pontianak.

Pelaku yang diketahui bernama Tow bin Sal warga Jalan Rawa Sari Gang Sepakat II RT 3/1 Sengkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, tertangkap petugas saat transit dan membelanjakan uang palsu tersebut di Bandara Soekarno-Hatta.

"Selain membeli tiket, dia membeli oleh-oleh. Sengaja dia transit di sejumlah bandara, dengan maksud menukar semua uang palsu itu dengan barang yang dibelinya," ujar Kasubag Humas Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta AKP Agus Tri, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/8/2012).

Dia mengungkapkan, aksi pelaku pertama kali diketahui dari petugas penjual tiket di Bandara Juanda yang melaporkan pelaku membeli tiket dengan uang palsu kepada petugas. Setelah itu, petugas Polres Bandara langsung melakukan penyisiran terhadap pelaku.

"Kemudian kami berhasil menangkapnya. Dari kantong celana pelaku ditemukan uang palsu Rp1,6 juta. Sedangkan di bagasi ada 333 lembar uang pecahan yang sama yakni Rp100 ribu," ujarnya.

Menurutnya, pelaku mengaku mendapatkan uang palsu tersebut dari seseorang di Surabaya yang kini masih dalam pengejaran polisi. "Dia membeli uang palsu itu dengan uang asli. Rp40 juta uang palsu dibelinya dengan uang asli senilai Rp12 juta," ungkapnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8732 seconds (0.1#10.140)