10 narapidana anak di Tangerang ikuti UN

Senin, 23 April 2012 - 14:38 WIB
10 narapidana anak di Tangerang ikuti UN
10 narapidana anak di Tangerang ikuti UN
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 10 orang narapidana di Lapas Anak Pria Tangerang, hari ini mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka mengikuti ujian dengan pengawasan seadanya dari pihak lapas.

"Sebenarnya ada 18 orang napi anak yang ikut UN. Tapi yang satu, bernama Romi Alamsyah sudah bebas sejak Maret 2012. Sedangkan tujuh orang lainnya tidak bisa ikut, karena persyaratan yang tidak memenuhi, yaitu tidak punya ijazah SD," ucap Ahmad Fadil, Kepala Sekolah SMP Istimewa Lapas Anak Pria Tangerang, Senin (23/4/2012).

Menurut Fadil, saat ini di Lapas Anak Pria Tangerang ada 32 orang napi yang masih sekolah tingkat SMP. Mereka sekolah dengan biaya gratis dan mendapatkan fasilitas istimewa dengan 22 guru.

"Itulah istimewanya, meski hanya 32 orang yang diajar, guru yang disiapkan cukup kompeten dan tidak beda kualitas dengan guru di sekolah umum," terangnya.

Fadil berharap, dengan segala keterbatasn yang ada, anak didiknya bisa lulus UN dengan nilai memuaskan. "Rata-rata peserta UN yang sekarang akan bebas pada Agustus nanti. Jadi harapan kami, mereka bisa melanjutkan SMA-nya di luar dan tidak lagi terlibat tindak kriminalitas kembali," cemasnya.

Rivan (17), salah satu peserta UN, tahanan kasus narkotika mengaku senang bisa mengikuti UN meski berada di dalam penjara. "Alhamdulilah masih bisa sekolah di sini, dan masih ikut ujian. Mudah-mudahan kalau sudah bebas, saya bisa lanjut sekolah SMA," harapnya.

Kepala Seksi Pembinaan Lapas Anak Pria Tangerang, Bagus Sumartono, mengatakan ada 232 orang napi yang masih sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. Antara lain, 11 orang siswa SMP, delapan orang siswa SD, dan 40 orang siswa SMA. "Untuk yang SMA akan ujian persamaan pada Juni mendatang, karena mereka mengikuti jenjang pendidikan paket," ucapnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6318 seconds (0.1#10.140)