Foke acungkan jari tengah memalukan

Selasa, 17 April 2012 - 19:20 WIB
Foke acungkan jari tengah memalukan
Foke acungkan jari tengah memalukan
A A A
Sindonews.com - Acungan jari tengah ditunjukan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) saat berpose dengan salah satu grup band di Senayan Jakarta beberapa waktu lalu menuai kritikan.

Bahkan, gambar itu kini beredar di berbagai jejaring sosial. Apa tanggapan pengamat politik Said Salahudin soal ini?

"Wah ini enggak main-main menurut saya. Ini persoalan yang cukup serius," ujarnya kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Selasa (17/4/2012).

Ada dua hal dari masalah ini, pertama munculnya problem atau masalah norma dan nilai sosial yang dipertaruhkan dalam foto itu. "Sekalipun angkat jari tengah itu bukan budaya Indonesia, namun sebagai orang yang melek informasi, pernah tinggal di luar negeri dan berinteraksi dengan cara pergaulan barat, sulit kita percaya jika dia (Foke) mengaku tidak mengerti arti simbol itu," ujar Said yang juga Koordinator Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) itu.

Said mengaku sangat yakin, jika Foke paham betul makna negatif dari mengacungkan jari tengah. "Jadi sebaiknya jangan berpretensi, apalagi berlagak pilon setelah sadar sikap kelirunya mendapat sorotan luas dari masyarakat. Ini memalukan, apa yang dipertunjukan oleh Foke itu paradoks dengan norma dan nilai-nilai sosial yang hidup di tanah Betawi ini," ujarnya.

Dengan mengacungkan jari tengah, sambung dia, seolah tidak ada lagi kesantunan publik yang mampu dipertontonkan oleh seorang gubernur di hadapan warganya.

"Kedua, ada kecenderungan politik 'menerobos batas' sedang coba dipraktekkan oleh Foke. Artinya, dia sudah tidak lagi peduli pada nilai-nilai. Segala hal seolah menjadi sah, halal dan lumrah dilakukan demi menarik calon pemilih pilgub agar mau mencoblosnya nanti di TPS. Saya malu memiliki gubernur seperti itu dan memastikan untuk tidak memilihnya," tandasnya.

Sekedar diketahui, peristiwa Foke mengacungkan jari tengahnya itu terjadi ketika menghadiri Bursa Mobil dan Motor Bekas di Parkit Senayan, Minggu 15 April 2012 lalu.
Saat itu, Foke diminta naik ke atas panggung untuk menyerahkan sejumlah hadiah doorprize yang ia sumbangkan serta sejumlah hadiah kepada pemenang-pemenang lomba.

Foke lalu berpose bersama seorang gadis yang menang lomba band. Sang gadis secara spontan langsung mengacungkan jari tengahnya tepat di samping sang Gubernur. Foke lalu mengikuti gaya sang gadis itu. Fatalnya, banyak media yang mengambil gambar saat itu.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5827 seconds (0.1#10.140)
pixels