Karantina Soetta pulangkan kura-kura Indian Ke India

Kamis, 08 Maret 2012 - 21:27 WIB
Karantina Soetta pulangkan kura-kura Indian Ke India
Karantina Soetta pulangkan kura-kura Indian Ke India
A A A
Sindonews.com - Karantina Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten akan melakukan repatriasi (pemulangan kembali) 19 ekor kura-kura Indian Star (geochelone elegans) ke India dengan pesawat Malaysia Airlines hari ini.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno Hatta, Musyafat Fauzi mengatakan, repatriasi ini pertama kalinya dilakukan.

"Kalau menerima repatriasi kita sudah sering, tapi kalau kita yang melakukan repatriasi ini yang pertama, ini merupakan bentuk kerjasama internasional seperti halnya beberapa kali repatriasi satwa liar asli Indonesia yang telah dilakukan negara sahabat," katanya.

Ada 19 ekor kura-kura yang akan dikembalikan kenegara asalnya. Kura-kura ini masuk ke Indonesia pada (7/11/2011) tahun lalu melalui bagasi yang ditinggal pemiliknya, setelah diselidiki kura-kura ini tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan.

"Awalnya ditemukan 61 ekor, saat ditemukan 27 diantaranya telah mati dan sepanjang perawatan di Balai Karantina 1 ekor lagi mati. Sehingga Repatriasi kura-kura ke India ini sebanyak 19 ekor," tegasnya.

Harga kura-kura ilegal ini bila dijual dipasaran untuk ukuran 8 hingga 10 cm seharga Rp 4 juta persatuannya dan untuk ukuran besar bisa mencapai Rp. 20 hingga Rp. 30 juta. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0466 seconds (0.1#10.140)