Gubernur independen bakal terhambat di DPRD

Jum'at, 24 Februari 2012 - 16:15 WIB
Gubernur independen bakal terhambat di DPRD
Gubernur independen bakal terhambat di DPRD
A A A
Sindonews.com - Calon gubernur (Cagub) dari jalur independen saat ini memiliki kans sama dengan Cagub dari Partai Politik (Parpol) untuk memenangkan pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2012.

Namun, jika sudah terpilih menjabat gubernur nantinya akan sulit menetapkan kebijakan karena terhambat di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). DPRD merupakan orang-orang Partai Politik (Parpol).

"Sah-sah saja, asal buat kebaikan. Tapi ada kemungkinan terbentur di DPR. DPRD itu mitra Pemda, semua keputusan, program dan anggara Pemda atas persetujuan pihak DPR, kalau belum mengenal mereka harus ada," kata Nono Sampono salah seorang Cagub kepada wartawan di Pressroom Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/2/2012).

Jika calon independen terpilih menjadi gubernur maka dia harus membangun partisipasi politik. Dia butuh waktu untuk meyakinkan DPR dan bisa menunjukan kemampuanya dan harus memiliki leadership dalam demokrasi. "Pemda harus jadi mitra DPRD. Kalau hal ini diabaikan, kurang afdol,"ujar purnawirawan Marinir berpangkat Letnan Jendral ini.

Yang pasti, diperlukan proses pembelajaran jika calon independen menang dalam Pilgub. "Saya angkat topilah kepada calon independen," ujarnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9798 seconds (0.1#10.140)