Cegah Corona, Warga Datangi TPU Prumpung untuk Berjemur

Selasa, 31 Maret 2020 - 16:19 WIB
Cegah Corona, Warga Datangi TPU Prumpung untuk Berjemur
Cegah Corona, Warga Datangi TPU Prumpung untuk Berjemur
A A A
JAKARTA - Sejak wabah virus Corona melanda Ibu Kota, olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari menjadi rutinitas baru warga Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. Warga setempat menjadikan tempat pemakaman umum (TPU) Prumpung untuk berjemur, Selasa (31/3/2020).

Latifa salah seorang warga mengatakan, aktivitas olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari sengaja dilakukan untuk menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus corona.
"Berjemur demi kesehatan apalagi ini musim corona kita jaga ksehatan masing-masing. Baru keluar sering sampai setiap hari jam 11 kita masuk (rumah). Ini inisiatif sendiri," kata Latifa di lokasi, Selasa (31/3/2020).

Hal serupa dikatakan Isa warga yang juga berjemur di TPU Prumpung. Menurut dia, dengan berjemur setidaknya bisa menghalau penularan wabah Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global."Berjemur badan untuk terhindar dari Covid-19, biar sehat. Ya mudah-mudahan yakin hilang (penyakit) biar cepat. Saya sudah empat hari selama empat jam (berjemur tiap pagi)," ujar Isa.

Sebelumnya, Ketua Aliansi Telemedis Indonesia, Pumawan mengatakan, berjemur di bawah sinar matahari memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut dia, warga cukup berjemur selama 15 menit dan dilakukan secara rutin, hal itu pula dapat membunuh virus.

"Berjemur itu kita usahakan bukan yang pagi, yang (di antara) jam 10.00 sampai jam 15.00, cukup 15 menit. Jadi itu bukan untuk mematikan virus, tapi untuk meningkatkan daya tahan, imunitas," ujar Pumawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (28/3/2020).
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2807 seconds (0.1#10.140)