alexametrics

Ketua DPRD DKI Ingatkan Anies Soal Kebutuhan Warga saat Karantina Wilayah

loading...
A+ A-
JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengingatkan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menjamin kebutuhan hidup masyarakat Jakarta khususnya warga kelas ekonomi menengah ke bawah dan pekerja informal.

Permintaan itu disampaikan Pras menanggapi kemungkinan pemerintah memutuskan me-lockdown atau karantina wilayah Jakarta dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

"Yang penting dan perlu dilakukan Gubernur saat ini adalah pengamanan sosial dengan menjamin kebutuhan hidup warga di kelas menengah hingga bawah," ujar Pras, Senin (30/3/2020).(Baca juga: Polda Metro Masih Terapkan Social Distancing, Yusri: Sesuai Maklumat Kapolri)

Sejak Anies mengeluarkan seruan untuk melakukan social distancing dan pemberlakuan aturan kerja jarak jauh atau work from home beberapa pekan lalu pendapatan para pekerja lepas di Jakarta anjlok drastis.

Jadi, keputusan menutup akses keluar masuk Kota Jakarta juga harus dipikirkan secara matang. Jangan sampai kebijakan ini malah menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

"Karena itu sebelum mewacanakan karantina wilayah, saya minta Gubernur memikirkan warga bawah terlebih dahulu," ucapnya.(Baca juga: Jika Jakarta Lockdown, Ini yang Harus Disiapkan Pemerintah)

Dia mengusulkan agar Pemprov DKI memperpanjang kebijakan social distancing dibandingkan karantina wilayah. Kalau pemerintah punya jaminan, dia meyakini masyarakat Jakarta khususnya warga kelas ekonomi menengah ke bawah ini bisa menuruti keinginan pemerintah untuk tak keluar rumah.

"Saya yakin kalau pekerja di sektor ini dijamin mereka bisa diatur untuk tidak keluar rumah. Dengan begitu, imbauan social distancing, physical distancing di Jakarta bisa terkendali dengan baik," ujar Pras.

(jon)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top