Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Naik, Ini Kata Anies Baswedan

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:04 WIB
loading...
Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Naik, Ini Kata Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Rekor kasus positif Covid-19 di Jakarta pada angka 441 kasus di hari Selasa, 21 Juli 2020 kemarin karena aktifnya pencarian yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta . Pencarian dengan metode active case itu justru dinilai mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kemampuan testing yang dilakukan dengan metode active case terus mengalami peningkatan. Hasilnya, jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta juga mengalami kenaikan. Namun, Anies bersyukur dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 di Jakarta. Sebab, dengan ditemukannya kasus tersebut, semakin kecil tingkat penularannya.

"Kalau sudah ditemukan kan mereka tahu jadi tidak pulang ke rumah menularkan lingkungan. Jadi angka positivity rate ini kita lihat sebagai usaha menyelamatkan warga. Mudah-mudahan dengan kita lebih banyak, maka lebih cepat memutus mata rantai," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/7/2020). (Baca: Satu Keluarga Positif COVID-19, Warga Pisangan Baru Swab Test Massal)

Anies menjelaskan, selama dua-tiga minggu belakangan ini angka positif rate mengalami peningkatan, tetapi jumlah fatality-nya tidak mengalami peningkatan. Kemudian, mayoritas orang yang ditemukan tanpa gejala dan mereka yang kemudian dirawat adalah orang yang tidak mempunyai gejala tapi berisiko, seperti para lanjut usia.

Mantan Menteri Pendidikan itu pun meminta kembali kepada masyarakat untuk wajib menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Tegur apabila ada yang melanggar, termasuk kapasitas hingga 50%. "Wabahnya masih ada, jadi kalau kita sudah banyak orang di jalan dan menganggap wabah tidak ada, salah itu. Wabah masih ada dan seluruh dunia masih menghadapi wabah," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)