Jika Jakarta Lockdown, Ini yang Harus Disiapkan Pemerintah

Senin, 30 Maret 2020 - 12:43 WIB
Jika Jakarta Lockdown, Ini yang Harus Disiapkan Pemerintah
Jika Jakarta Lockdown, Ini yang Harus Disiapkan Pemerintah
A A A
JAKARTA - Wacana lockdown wilayah Ibu Kota Jakarta menjadi sesuatu yang harus dihadapi dan dipersiapkan di tengan pandemi virus Corona (Covid-19) . Salah satu yang harus dipersiapkan yakni pasokan logistik di pasar aman.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin menyampaikan hal tersebut. Dia juga berhrap, jangan sampai karantina wilayah itu justru malah menyengsarakan warga, karena ketiadaan sejumlah bahan pokok dipasaran.

“Sudah harus dipastikan Perumda Pasar Jaya dan stake holder pangan lainnya aman dalam 1-2 bulan ke depan di Jakarta,” kata Arifin kepada wartawan, Senin (30/3/2020). (Baca Juga: Karantina Wilayah, Pemerintah Harus Jamin Logistik dan Fasilitas Kesehatan)

Dia menambahkan, adanya fasilitas pengiriman, setidaknya sampai di kawasan pemukiman warga. “Jadi barangnya didekatkan ke warga, jangan sampai warga harus bepergian jauh keluar untuk mendapatkan bahan pokok,” ucap Arifin yang juga Ketua MPW PKS DKI Jakarta ini.

Arifin juga menekankan perlu kerja sama juga dengan aparat keamanan untuk memastikan tidak ada antrean dan panic buying. Sehingga, kata dia, semua warga bisa mendapatkan secara proporsional. Jajaran di bawah seperti Camat, Lurah, RW dan RT perlu disiagakan juga terutama untuk mendorong saling bantu antar warga.

“Khusus untuk rumah warga yang jadi PDP, ODP dan positif terinfeksi, logistiknya perlu diantarkan ke rumah,” tutur Arifin. (Baca Juga: Ikhlas Bertugas, Relawan Bertaruh Nyawa demi Membantu Sesama)

Dia juga mengapresiasi Pemprov DKI jika memang harus mengkarantina wilayah. Karena itu salah satu cara menekan lajunya penyebaran Covid-19. “Kami mengapresiasi, karena sejalan dengan permintaan Presiden PKS untuk me-lockdown parsial beberapa wilayah yang terkena wabah virus Corona yang cukup parah,” tutup Arifin.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.1491 seconds (0.1#10.140)