DKI Bagikan Logistik untuk ODP, PDP dan Keluarga Pasien Positif Covid-19

loading...
DKI Bagikan Logistik untuk ODP, PDP dan Keluarga Pasien Positif Covid-19
DKI Bagikan Logistik untuk ODP, PDP dan Keluarga Pasien Positif Covid-19
JAKARTA - Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta membagikan bantuan berupa makanan siap saji dan logistik natura untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 . Bantuan hanya diberikan bagia ODP, PDP dan pasien positif Corona yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Kepala Dinsos DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, selain ber-KTP DKI Jakarta, telah ada keterangan dari Dinas Kesehatan ataupun pihak RS (tim medis) bahwa memang orang tersebut harus diisolasi atau keinginan mandiri dari ODP, PDP dan positif Covid-19 untuk isolasi mandiri bersama keluarga. Tak itu saja, ada keterangan pula dari Kelurahan, RW, maupun RT bahwa benar orang tersebut mengisolasikan diri bersama keluarga atau memang harus diisolasi di dalam rumah tanpa ada yang bisa keluar rumah selama 14 hari.

"Jika keterangan tersebut lengkap, maka kami dapat berikan salah satu bantuan, yaitu makanan siap saji atau mereka masak sendiri di rumah dengan kami siapkan logistik naturanya. Bantuan ini untuk mempermudah orang tersebut selama menjalani isolasi diri di rumah," ujar Irmansyah kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Irmansyah menuturkan, Dinsos menyiapkan satu paket per jiwa untuk 14 hari. Satu paket tersebut berisi mi instan 1 dus, beras 6 kilogram, sarden 14 kaleng, biskuit sembilan bungkus, dan minyak goreng 2 liter. "Kalau dalam 1 keluarga, 1 KK itu ada 5 orang, maka akan mendapat 5 paket. Mudah-mudahan ini bisa segera kita salurkan untuk membantu warga dalam kebutuhan yang mendesak," jelasnya. (Baca: DKI Siapkan Sejumlah Skenario jika Pasien Corona Terus Melonjak)



Sebelumnya, Sudin Sosial Jakarta Pusat mendistribusikan bantuan berupa makanan siap saji kepada keluarga yang anggotanya sudah dinyatakan positif terjangkit Covid-19 pada Senin, 23 Maret 2020 kemarin.

"Jumlah yang kami kirim ada 125 boks untuk makan siang dan 125 boks untuk makan malam. Ini sesuai permintaan dari enam kelurahan," kata Kepala Sudin Sosial Jakarta Pusat, Ngapuli.

Satpel Sosial Kecamatan Tanah Abang, Agus Kurniawan, mengungkapkan pemberian bantuan tersebut merupakan satu bentuk kepedulian Dinsos DKI Jakarta melalui Sudin Sosial Jakarta Pusat.



"Hari ini misalnya, kami baru saja menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji. Jadi di keluarga yang hari ini kami sambangi, terdapat 10 jiwa, 1 diantaranya sudah dinyatakan positif. Nah, yang 9 orang yang bersamanya ini, terdiri 7 dewasa dan 2 anak. Mereka sudah dalam masa isolasi mandiri di rumahnya. Oleh karenanya, kami bantu dengan menyuplai makanan siap saji," ungkap Agus.

Dia menjelaskan, penyaluran bantuan berupa makanan siap saji ini akan dilakukan dalam 14 hari ke depan. Untuk penyaluran bantuan kepada keluarga terdampak virus Covid-19 lainnya, Sudin Sosial Jakarta Pusat akan berkontribusi dengan pihak kecamatan.

"Jadi, kami diinfokan oleh pihak kecamatan terkait keberadaan warga yang sudah dinyatakan positif. Jika ada penambahan, maka Sudin Sosial Jakpus akan mendata ulang dan siap menyalurkan bantuan makanan siap saji," ujarnya.

Dalam menyalurkan bantuan, pihaknya dibantu oleh petugas P3S, Tagana dan PSKB. "Mereka tentunya menggunakan masker dan berupaya menjaga jarak kepada siapa pun, bukan hanya keluarga yang anggotanya positif, tapi kepada siapapun, untuk diimbau melakukan jaga jarak," tutup Agus.
(whb)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top