Cegah Corona, Anies Imbau Jamaah Salat Jumat Bawa Sajadah Sendiri

Jum'at, 13 Maret 2020 - 11:04 WIB
Cegah Corona, Anies Imbau Jamaah Salat Jumat Bawa Sajadah Sendiri
Cegah Corona, Anies Imbau Jamaah Salat Jumat Bawa Sajadah Sendiri
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh umat Islam yang hendak melaksanakan kegiatan salat jumat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19). Pengurus masjid juga diminta nuntuk menyampaikan kewaspadaan tersebut .

Lewat rekaman suara yang diterima SINDOnews, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan beberapa imbauan terkait antisipasi penyebaran virus Corona."Pertama, saat berjamaah salat Jumat dan kegiatan salat jamaah lainnya di masjid, bawalah sajadah sendiri atau bawa sapu tangan untuk alas sujud," kata Anies dalam rekaman suara tersebut, Jumat (13/3/2020).

Anies juga mengingatkan agar warga menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum maupun sesudah kegiatan salat Jumat. Selanjutnya, mantan Mendikbud itu meminta umat muslim untuk menghindari kontak fisik, seperti berjabat atau mencium pipi saat bertegur sapa.

"Untuk sementara waktu, hindari jabat tangan. Hindari cium pipi. Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan," ujarnya. (Baca: Cegah Penyebaran Corona, 1,2 Juta Masjid dan Musala Akan Disemprot Disinfektan)

Apabila jamaah sedang flu atau batuk, bisa mengenakan masker agar tidak menularkan kepada yang lain."Dan bila tiba-tiba akan batuk atau bersin, maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu, atau dengan lipatan siku tangan," kata Anies.

Kemudian, Anies juga meminta kepada pengurus masjid agar bantu jamaah dengan menyediakan sabun di area-area wudhu. Di akhir rekaman tersebut, Anies juga meminta masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus asal Wuhan, China ini.

"Mari kita tingkatkan doa dan tawakal kepada Allah. Semoga kota kita terhindar dari cobaan wabah ini," ucap Anies.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6319 seconds (0.1#10.140)