Bantuan untuk Kota Bekasi Kecil, Wali Kota Sebut Ridwan Kamil Tidak Adil

Selasa, 10 Maret 2020 - 19:45 WIB
Bantuan untuk Kota Bekasi Kecil, Wali Kota Sebut Ridwan Kamil Tidak Adil
Bantuan untuk Kota Bekasi Kecil, Wali Kota Sebut Ridwan Kamil Tidak Adil
A A A
BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyindir Gubernur Jawa Bara Ridwan Kamil dalam paparannya saat Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-23 Kota Bekasi di Gedung DPRD Kota Bekasi, Selasa (10/3/2020). Rahmat menyoal kebijakan Pemprov Jawa Barat soal fiskal yang tidak adil.

Rahmat menilai, bantuan fiskal dari Pemprov Jabar kepada Pemkot Bekasi tidak sebanding dengan apa yang diberikan kepada Tasikmalaya. Kota Bekasi pada tahun 2020 ini hanya mendapat Rp148 miliar, sementara Tasikmalaya mencapai Rp740 miliar.

"Bagi kita ini tidak adil, padahal sumbangsih Kota Bekasi ke Jabar lebih dari Rp3 triliun. Kenapa bantuan ke Bekasi lebih kecil," kata Rahmat dalam sambutannya di Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (10/3/2020).

Sejauh ini, lanjut dia, Kota Bekasi telah membuka komunikasi dengan Gubernur Ridwan Kamil. Protes dengan bantuan fiskal 2020 sebesar Rp148 miliar, pada tahun 2021 mendatang, Kota Bekasi mengajukan sebesar Rp400 miliyar lebih untuk kebutuhan masyarakat Bekasi. (Baca: Dikepung Banjir, Bekasi Siapkan Masterplan Drainase Sungai Cikeas)

"Semoga Gubernur (Jabar) menyetujui, begitu juga dengan DPRD (Jabar)-nya harus menyetujui juga," ujarnya. Menurut dia, anggaran yang sifatnya bantuan dari provinsi tidak dapat diintervensi. Namun, kata dia, bukan serta merta provinsi dapat memberikan bantuan dengan nilai yang tak sebanding.

Meski demikian, Rahmat bersyukur mendapatkan bantuan lumayan besar, akan tetapi Kota Bekasi tetap merasa dianak tirikan oleh Jawa Barat, apalagi bantuan dari DKI Jakarta lebih besar."DKI Jakarta sumbangsihnya lebih besar daripada Jawa Barat, harapan saya tahun depan lebih besar lagi," tegasnya.

Pada usia ke-23 Kota Bekasi, Rahmat berharap agar segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah dapat dirasakan oleh masyarakat setempat. "Pada 2020 ini kita lanjutkan pekerjaan, dan pada 2021 semoga apa yang semua kita (Pemkot) kerjakan dapat dinikmati masyarakat," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7620 seconds (0.1#10.140)