Nyaris Ambles, Jalan Manunggal Bogor Ditutup Sementara

Jum'at, 06 Maret 2020 - 17:16 WIB
Nyaris Ambles, Jalan Manunggal Bogor Ditutup Sementara
Nyaris Ambles, Jalan Manunggal Bogor Ditutup Sementara
A A A
BOGOR - Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor selain membuat beberapa ruas jalan rusak juga menyebabkan terjadinya pergeseran tanah di sebagian ruas di Kota Bogor di antaranya Jalan Manunggal, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (5/3/2020).

Kondisi tersebut mengakibatkan arus lalu lintas terganggu hingga kemacetan. Warga juga dibuat repot lantaran harus berputar arah. Mengetahui itu, Pemkot Bogor berupaya melakukan penanganan agar lalu lintas di jalan tersebut bisa kembali normal.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, pergeseran tanah dan retakan di Jalan Manunggal, Bogor Barat dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan yang hendak melintas. (Baca juga: Pasca-banjir, 495 Jalan Rusak dengan 3.290 Titik Lubang di Jakarta)

Dalam hal ini, Pemkot Bogor segera mengumpulkan jajaran Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, dan BPBD untuk berkoordinasi terkait penanganan kejadian tersebut. “Pemkot menutup sementara akses Jalan Manunggal untuk segera diperbaiki. Dinas PUPR akan melakukan perbaikan TPT dan jalan tersebut dari anggaran BTT tahun 2020," ujar Dedie, Jumat (6/3/2020).

Penutupan Jalan Manunggal merupakan rekomendasi Dinas PUPR bahwa sejak terjadinya pergeseran tanah dan retakan jalan yang mengikis aspal sehingga dikhawatirkan tanah ambles jika dipaksakan dilintasi kendaraan.

"Daya dukung Jalan Manunggal tidak memenuhi syarat untuk dilintasi oleh kendaraan roda empat. Mulai Kamis (5/3) sejak pukul 09.00 WIB Jalan Manunggal ditutup sementara waktu. Proses perbaikan akan ditangani secepatnya," katanya.

Dinas Perhubungan juga berupaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Manunggal. “Sistem rekayasa lalu lintas khususnya di Jalan Mawar, Merdeka, dan Semeru. Ke depan akan kita pikirkan untuk pelebaran Jalan Manunggal," ucap Dedie.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7398 seconds (0.1#10.140)