Warga Matraman Minta Pemerintah Pusat Segera Pasang Sheet Pile

Selasa, 03 Maret 2020 - 20:31 WIB
Warga Matraman Minta Pemerintah Pusat Segera Pasang Sheet Pile
Warga Matraman Minta Pemerintah Pusat Segera Pasang Sheet Pile
A A A
JAKARTA - Warga RT12/03 Kelurahan Kebon Manggis, Matramam Jakarta Timur, mendesak pemerintah pusat segera membangun sheet pile di bantaran Sungai Ciliwung. Pasalnya, kontur tanah di sekitar permukiman warga kerap terjadi longsor hingga mengakibatkan jalan ambles.

Menurut Ketua RT 12/RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, Heri, perbaikan jalan ambles dengan menggunakan bronjong kawat dan kayu dolken terbilang tidak efektif. Sebab, kata dia, perbaikan dengan menggunakan material itu pun pernah dilakukan di tahun 2018.

"Amblesnya jalan ini pernah terjadi di tahun 2018, saya sebagai wakil warga kalau bisa ini bantaran kali di sheet pile saja, karena yang lain sudah kok di sini belum. Kenapa?" kata Heri saat ditemui di lokasi, Selasa (3/3/2020).

Dia menjelaskan, setiap perbaikan dengan menggunakan material bronjong kawat dan kayu dolken tidak membuahkan hasil. Karena seelah proses pengerjaan selesai beberapa bulan kemudian jalan pun kembali retak. Terlebih disaat musim penghujan tiba.

"Kalau di bronjing yang udah-udah itu masih retak-retak juga. Kayanya jalan terbaik itu di sheet pile udah aman. Jadi biar engga pindah-pindah ke tempat lain yang retaknya gitu," ujar Heri. (Baca Juga: Hambat Akses Warga, Perbaikan Jalan Ambles Butuhkan Waktu 1 Bulan(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5930 seconds (0.1#10.140)