Jalan Ambles Aktivitas Perekonomian Warga Matraman Terganggu

Selasa, 03 Maret 2020 - 15:03 WIB
Jalan Ambles Aktivitas Perekonomian Warga Matraman Terganggu
Jalan Ambles Aktivitas Perekonomian Warga Matraman Terganggu
A A A
JAKARTA - Jalan Kesatrian X, Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, ambles sedalam 1 meter. Jalan alternatif menuju Jalan Tambak Menteng, Jakarta Pusat itu terputus dan tak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Ketua RT 12/RW 03 Heri menyebutkan, Jalan Kesatrian X ambles akibat tergerus derasnya aliran Sungai Ciliwung pada Selasa 25 Februari 2020. Saat itu, kata dia,kawasan itu sempat direndam banjir.

"Banjir kedua kali kan tinggi pintu air dibuka satu hari sesudah air surut mulai ada retakan rambut makin hari tambah melebar," kata Heri saat ditemui di lokasi, Selasa (3/3/2020).

Dia menjelaskan, sebelumnya tahun 2018 jalanan tersebut juga pernah ambles. Namun setelah diperbaiki menggunakan bronjong kawat jalan tersebut kembali ambles.

"Puncaknya hari ini, itu bukan retak lagi tapi ambles. Amblesnya terjadi sekitar jam 12.00 WIB siang tadi," kata Heri. (Baca Juga: Jalan Daan Mogot Ambles, Pengendara Diimbau Cari Jalan Alternatif
Menurut dia, panjang jalan yang ambles itu mencapai 40 meter. Karena terlalu parah, kata dia, warga sekitar sepakat menutup Jalan Kesatrian X. Selain itu, akses warga menjadi terganggu dan roda perekonomian ikut terhambat.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, untuk mengantisipasi kita tutup jalan ini sementara dan akses ekonomi jadi terhambat," ujar Heri.

Pantauan SINDOnews di lokasi, Jalan Kesatrian yang kerap dipakai warga sebagai jalan alternatif menuju Jalan Tambak Menteng, Jakarta Pusat, sama sekali tak bisa dilalui kendaraan bermotor. Warga yang hendak ke arah Menteng terpakasa memutar jauh menuju Jalan Raya Matraman.

Saat ini petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur tengah melakukan perbaikan di sepanjang jalan tersebut. Jalan yang ambles itu akan dipasang bronjong kawat sebagai penopang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5507 seconds (0.1#10.140)