Proyek Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Tidak Ganggu Jaringan Air Bersih

Selasa, 18 Februari 2020 - 13:39 WIB
Proyek Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Tidak Ganggu Jaringan Air Bersih
Proyek Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Tidak Ganggu Jaringan Air Bersih
A A A
BOGOR - Proyek pembangunan Double Track (Jalur Ganda) Kereta Api Bogor-Sukabumi dipastikan tidak mengganggu pasokan air bersih untuk ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jaminan itu disampaikan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

"Alhamdulillah kemarin sempat rapat, PT KAI memastikan pelaksanaan pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi tidak akan mengganggu pipa jaringan air baku PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor," ujar Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, Selasa (18/2/2020). (Baca juga: Stasiun Batu Tulis Terancam Proyek Double Track, Pemkot Usul 5 Stoplet)

Dalam pertemuan itu, kata dia, Pemkot Bogor menyampaikan kekhawatiran terganggunya pasokan air bagi ribuan warga. Pihak Ditjen Perkeretaapian lalu menyampaikan bahwa pada pelaksanaan pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi tidak akan menggeser pipa jaringan milik PDAM Kota Bogor.

Pengerjaan pembangunan rel ganda akan bergeser menepi ke tebingan untuk menyesuaikan titik-titik jaringan pipa milik PDAM Kota Bogor. Setidaknya, ada lima titik lokasi yang sebelumnya berdampak pada keberlangsungan pasokan air untuk ratusan ribu warga Kota Bogor.

"Titik tersebut berada diantara Stasiun Batutulis-Ciomas. Selama pelaksanaan pembangunan, Pemkot Bogor akan terus melakukan koordinasi dengan Ditjen Perkeretaapian," katanya. (Baca juga: Longsor di Lokasi Proyek Double Track KA Bogor-Sukabumi, 2 Pekerja Tewas)

Sementara, Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Sanjaya, menyampaikan, dalam pertemuan bersama Ditjen Perkeretaapian ini telah ada kesepahaman bahwa jaringan pipa eksisting PDAM di jalur tersebut tidak akan terganggu proyek strategis nasional pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi.

"Alhamdulilah pada pertemuan telah menemui kesepahaman bahwa pipa jaringan eksisting PDAM yang berada di lokasi proyek pembangunan double track Bogor-Sukabumi tidak akan terganggu. Selanjutnya, kami akan terus berkoordinasi dengan Ditjen Perkeretaapian selama pengerjaan proyek berlangsung," tukasnya.

Diketahui, proyek double track kereta api Bogor-Sukabumi ditarget rampung seluruhnya di tahun 2021. Pembangunan tahap awal telah dikerjakan mulai dari Sukabumi-Cigombong. Untuk tahap selanjutnya, tahun ini akan dimulai pengerjaan yang dimulai dari Stasiun Cigombong-Paledang.

(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3737 seconds (0.1#10.140)