Mediterania Sosialisasi Virus Corona ke Penghuni

Kamis, 06 Februari 2020 - 19:22 WIB
Mediterania Sosialisasi Virus Corona ke Penghuni
Mediterania Sosialisasi Virus Corona ke Penghuni
A A A
JAKARTA - Mencegah penyebaran virus Corona, Inner City Management (ICM) menggandeng Sudin Kesehatan Jakarta Barat menyosialisasikan antisipasi virus Corona di Apartemen Mediterania, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020).

Chief Operating Officer ICM Krisdiarto Adipranoti mengatakan, terus proaktif mencegah penyebaran virus Corona di kawasan apartemen. “Virus ini sedang mewabah di China dan banyak negara lain, untuk itu kita perlu antisipatif terhadap fenomena ini,” ujarnya usai sosialisasi pada penghuni apartemen di Balai Warga Tower Kenanga, Apartemen Mediterania Garden Residences 2, Jakarta Barat.

Selain di Apartemen Mediterania Garden Residences 2, ICM telah menyosialisasikan antisipasi Corona di tiga site apartemen di Jakarta Utara yakni Apartemen Mediteranian Marina Residences, Apartemen Greenbay Pluit, serta Apartemen CBD Pluit.

Selama empat hari sosialisasi dan pencegahan yang dilakukan Bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara tak ditemukan adanya virus Corona.

Pihaknya tidak berhenti pada empat site tersebut, namun akan terus sosialisasi dan pencegahan di seluruh site apartemen yang dikelolanya.

ICM mengelola 35 site apartemen. Dari seluruh site tersebut banyak penghuni baik warga negara asing maupun lokal sering bepergian ke luar negeri. Karena itu, pihaknya terpanggil ikut dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

“Di setiap pintu masuk ke Indonesia seperti bandara tentu tim dari Imigrasi sudah memeriksa, tapi kami juga merasa perlu untuk melakukan antisipasi,” kata Krisdiarto.

Salah satu petugas Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat dr Wulan mengapresiasi langkah preventif ICM. Menurutnya, apa yang dilakukan perusahaan konsultan pengelolaan properti ini sangat membantu pemerintah.

“Kami tidak mungkin mengawasi semua, untuk itu perlu peran swasta dan masyarakat. Kami berharap ini dapat dicontoh oleh pengelola-pengelola gedung lainnya,” ucapnya.

Dinas Kesehatan juga membuka call center untuk menerima laporan warga terkait virus Corona melalui nomor 081388376955. Selain itu, warga dapat menghubungi Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di nomor 119 atau layanan darurat di nomor 112.

Bersamaan itu, General Manager Kawasan Podomoro City ICM Martiza Melati mengatakan, selain sosialisasi secara langsung kepada penghuni, ICM juga proaktif menjalankan program antisipasi dan pencegahan dengan melibatkan semua departemen, terutama yang bertugas sebagai frontliner (receptionist, customer service, dan security).

“Di kawasan Podomoro City ini ada lebih dari 10 ribu penghuni yang tinggal di lima tower. Kami sebagai pengelola merasa perlu melakukan sosialisasi demi membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran virus Corona,” ujarnya.

Adapun beberapa langkah yang dilakukan, pertama melakukan identifikasi data hunian terutama penghuni yang berasal atau baru kembali dari China.
Kedua, menyosialisasikan tentang virus Corona via Channel 1 (televisi lokal apartemen) dan majalah dinding. Ketiga, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Selama sosialisasi, ICM berpedoman pada sumber-sumber resmi seperti website Dinas Kesehatan DKI, Kementerian Kesehatan, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

ICM juga telah menyiapkan perlengkapan yang perlu untuk cegah tangkal virus Corona di setiap apartemen di antaranya infrared thermometer, masker, dan cairan antiseptik. Semua petugas di frontliner juga diberikan pelatihan penggunaan alat dan prosedur penanganan di lapangan.

ICM juga mendirikan posko pencegahan virus Corona per kawasan yang dipimpin seorang apartment manager. Semua ini dilakukan agar kenyamanan dan keamanan berhuni di apartemen tetap terjaga serta tidak menimbulkan keresahan para penghuni.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5333 seconds (0.1#10.140)