Waspadai Virus Corona, DKI Disinfeksi Rumah Potong Hewan

Senin, 27 Januari 2020 - 11:31 WIB
Waspadai Virus Corona, DKI Disinfeksi Rumah Potong Hewan
Waspadai Virus Corona, DKI Disinfeksi Rumah Potong Hewan
A A A
JAKARTA - Mewabahnya virus Corona di China menggemparkan masyarakat di belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Pasalnya, virus Corona sudah menyerang lebih dari ratusan orang hingga menyebabkan kematian.
Untuk mengantisipasi penyebabran virus tersebut di wilayah Indonesia khususnya Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan upaya disinfeksi di rumah potong hewan (RPH) untuk mencegah penyebaran virus Corona yang kian mengganas. (Baca juga: DPR Minta Pemerintah Segera Evakuasi WNI di Wuhan)

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, penyebaran virus Corona ada kemiripan dengan SARS-CoV yang ditularkan dari kelelawar dan tidak menutup kemungkinan menjangkit hewan ternak serta manusia.

"Virus Corona di Wuhan, China diinformasikan berasal dari pasar yang menjual berbagai jenis hewan hidup termasuk hewan liar. Untuk itu kami lakukan pencegahan dan kewaspadaan terhadap penyebaran virus ini," ujar Darjamuni kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Saat musim penghujan manusia sangat rentan terhadap berbagai penyakit yang ditimbulkan dari infeksi dan itu harus diwaspadai. "Kami minta masyarakat supaya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di antaranya dengan mencuci tangan menggunakan sabun setelah kontak langsung dengan hewan," katanya.

Gelaja virus Corona seperti demam, lemas, batuk kering, dan sesak atau kesulitan bernafas, serta sangat berbahaya bagi lansia yang tengah mengidap penyakit. Penyebaran virus Corona lebih berbahaya terhadap lansia karena memiliki risiko lebih tinggi untuk memperburuk kondisi.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9872 seconds (0.1#10.140)