Salah Satu Ikon Jakarta, Pasar Senen Semakin Strategis

Rabu, 08 Januari 2020 - 11:05 WIB
Salah Satu Ikon Jakarta, Pasar Senen Semakin Strategis
Salah Satu Ikon Jakarta, Pasar Senen Semakin Strategis
A A A
JAKARTA - Pasar Senen yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta akan semakin lengkap dengan kehadiran blok 1 dan 2 menggantikan Pasar Senen yang kebakaran beberapa waktu silam.

PT Jaya Real Property sebagai pengembang akan bersinergi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat sejumlah rencana tata ruang yang sudah disiapkan. Di antaranya pedestarian, taman, dan moda transportasi.

Pembangunan tahap awal dimulai pada November 2019 dan target selesai pada April 2022. Rencananya topping off akan dilakukan pada Februari 2021, kini ruang usaha yang dipasarkan sudah 40% sudah terjual termasuk dari pedagang lama Pasar Senen.

Manager Perencanaan, Aditya Sasongko menjelaskan, Pasar Senen blok 1 dan 2 akan dibangun sentra bisnis yang di dalamnya akan 24 jam aktif berkegiatan dan saling terhubung dengan wilayah lain.

"Kami akan menyediakan ruang pedestarian yang nyaman untuk beraktivitas bagi pengunjung dan masyarakat sekitar. Pastinya tempat usaha yang menguntungkan," ungkapnya.

Ruang terbuka memang menjadi rencana Pemprov DKI Jakarta yang disetujui pihak pengembang untuk lahan seluas 69 ribu meter persegi ini. Lokasi Pasar Senen yang strategis di jantung Kota Jakarta serta dikelilingi beragam moda transportasi. Berjarak 5 meter dari stasiun besar Senen, terdapat juga fasilitas bus Transjakarta, serta yang akan datang adalah moda transportasi MRT dan LRT.

Kelengkapan Pasar Senen sebagai pusat grosir memang sudah dikenal di seluruh Indonesia mulai tas beraneka jenis hingga koper untuk bepergian. Ada juga jam tangan, pakaian sisa ekspor, kacamata, aksesoris, perlengkapan pakaian TNI, serta berbagai atribut partai yang dijual secara grosir. Tidak ketinggalan juga jajanan kuliner seperti kue subuh yang membuat pasar ini hidup 24 jam.

Pasar Senen sudah hadir sejak 1960, tidak heran pasar itu memiliki nilai sejarah. Karena itu, Jaya Real Property masih akan mempertahankan sejarah pasar itu seperti kue subuh serta jam jali-jali. Namun yang berubah desain bangunannya karena harus dibuat lebih modern mengikuti aturan dari pemerintah. Seperti antar blok harus ada pemisah serta diharuskannya ada ruang terbuka.

"Pasar Senen Blok 1 dan 2 juga akan dilengkapi CCTV dan AC yang menjadikan aktivitas belanja semakin aman dan nyaman. Konsep smart living juga diterapkan dengan internet menggunakan fiber optik yang memudahkan provider," ungkapnya. (Ananda Nararya)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)