Penanganan Usai Banjir, Arief Pimpin Kerja Bakti Massal di Tangerang

Minggu, 05 Januari 2020 - 16:05 WIB
Penanganan Usai Banjir, Arief Pimpin Kerja Bakti Massal di Tangerang
Penanganan Usai Banjir, Arief Pimpin Kerja Bakti Massal di Tangerang
A A A
JAKARTA - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah memimpin langsung operasi Kerja Bakti Massal pasca wilayahnya terendam banjir, Minggu (5/1/2020). Pagi tadi dia menuju ke Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, untuk melakukan kerja bakti itu.

Kerja bakti massal ini dilakukan serentak di Tangerang hari ini. Hal itu dilakukan lantaran usai banjir banyaknya sampah dan lumpur yang menumpuk tak hanya di rumah warga namun di jalan, gorong-gorong, kali hingga sungai. "Angkat sampahnya, mana mobil sampahnya bawa mendekat, hati-hati banyak pecahan kaca," ujarnya di dekat Kantor Kelurahan Petir.

Dia mengatakan, dalam kesempatan ini ribuan personel bergerak di antaranya, 169 personel Satpol PP, 111 petugas PUPR, 200 personel BPBD, 252 personel TNI, 181 personel kepolisian, 205 petugas DLH, 75 anggota Dishub, dan 100 petugas Pertamanan hingga pegawai kecamatan dan kelurahan. "Ayo semua personel bantu, jangan sampai ada sampah lagi yang menyumbat kali, yang di jalan-jalan juga tolong diangkut," ucapnya.

Usai memimpin Kerja Bakti Massal, dia bergerak menuju TPA Rawa Kucing yang berada di Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Di TPA Rawa Kucing, dia melihat penanganan sampah pasca banjir. Diketahui, sampah yang dihasilkan akibat banjir menjadi dua kali lipat dari biasanya. Dihari biasa TPA Rawa Kucing menerima volume sampah hingga 1.300 ton, namun sejak banjir terjadi sampah bisa mencapai 2.600 ton.

Tak hanya itu, Arief juga menginstruksikan jajaran DLH untuk mengirimkan alat berat dan armada kebersihan guna membantu pembersihan sampah. "Yang masih ada di sini tolong arahkan ke lokasi yang penuh sampah, supaya cepat, jadi gak manual pakai tangan," tuturnya.
Meski cuaca hujan, dia melanjutkan kembali pantauannya menuju Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, yang berada di Jalan KS Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci.
Instruksi senada juga Walikota lontarkan kepada jajaran Dinas PUPR untuk menurunkan armada-armada yang ada, untuk membantu warga. "Personil dan armada tolong dimaksimalkan lagi, masih banyak warga yang perlu bantuan kita," tegas Arief.

Seperti diketahui, seluruh wilayah banjir yang berjumlah 294 titik di Kota Tangerang kini telah surut. Pemerintah Kota Tangerang bersiaga dan fokus mengerahkan seluruh personil dan armada yang ada untuk membantu masyarakat yang terdampak sehingga mereka bisa menjalankan aktifitasnya kembali.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7418 seconds (0.1#10.140)