Malam Pergantian Tahun, LRT Perpanjang Jam Operasional

Sabtu, 21 Desember 2019 - 06:11 WIB
Malam Pergantian Tahun, LRT Perpanjang Jam Operasional
Malam Pergantian Tahun, LRT Perpanjang Jam Operasional
A A A
JAKARTA - Moda Transportasi Massal berbasis rel ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta Velodrome-Kelapa Gading telah resmi beroperasi komersial selama 17 hari. Sebanyak 74.184 penumpang tercatat menggunakan layanan transportasi umum tersebut.

General Manager of Corporate Secretary PT LRT Jakarta, Arnold Kindangen mengatakan, peningkatan penumpang LRT yang beroperasi sejak awal Desember hingga 17 Desember lalu cukup positif. Berdasarkan catatannya, pada pekan pertama sedikitnya terdapat 31.433 orang, lalu pada pekan kedua ada 29.673 orang dan pekan ketiga mencapai 13.081 orang.

"Penumpang paling banyak, berada di Stasiun Velodrome, yakni mencapai 30.596 orang atau 41,2 persen karena terintegrasi dengan transportasi lainnya," kata Arnold dalam acara media gathering LRT Jakarta di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat 20 Desember 2019.

Arnold menjelaskan, untuk meningkatkan penumpang, pihaknya terus berupaya menjadikan LRT sepanjang 5,8 Kilometer memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat. Artinya, masyarakat pengguna LRT bukan hanya disajikan Transportasi modern semata, tetapi bisa merasakan suasana lain.

Seperti misalnya dalam Jelang perayaan Natal, LRT Jakarta akan mengadakan choir dan a capella di dalam kereta. Selain itu, Arnold berharap bisa berkolaborasi dengan pemerintah kota setempat.

"Saya berharap sih LRT Jakarta bisa berkolaborasi dengan pemerintah setempat baik dari wali kota Jakarta timur ataupun wali kota Jakarta Utara untuk sama-sama kita berkolaborasi dengan swasta yang ada di sekitar untuk bertransportasi publik," ungkapnya.

Selain itu, pada malam pergantian tahun, PT LRT Jakarta menambah waktu operasional menjadi pukul 02.00 WIB dari biasanya pukul 23.00 WIB.

Arnold mengatakan, penambahan jam operasional untuk mengakomodir warga yang akan mengikuti pergantian tahun di sekitar Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Menurutnya, saat malam pergantian tahun, banyak aktivitas di lingkungan sekitar enam stasiun LRT Jakarta.

Biasanya, lanjut Arnold, pusat-pusat perbelanjaan di sekitar kawasan enam stasiun LRT Jakarta menambah jam operasionalnya hingga dini hari.

"Kami sudah ajukan ke Dishub untuk penambahan jam operasional ini. Hal ini untuk membantu warga yang membutuhkan transportasi dalam rangka pelayanan publik," ungkapnya.

Dengan penambahan waktu operasional hingga pukul 02.00 WIB, jumlah perjalanan kereta LRT Jakarta bertambah 36 perjalanan, sehingga totalnya menjadi 240 perjalanan dari biasanya 204 perjalanan per hari. "Untuk headway-nya tetap normal seperti hari-hari biasa, yaitu 10 menit per kereta," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7903 seconds (0.1#10.140)