DKI Diminta Segera Lakukan Penataan Bantaran Kali untuk Antisipasi Banjir

Rabu, 18 Desember 2019 - 10:35 WIB
DKI Diminta Segera Lakukan Penataan Bantaran Kali untuk Antisipasi Banjir
DKI Diminta Segera Lakukan Penataan Bantaran Kali untuk Antisipasi Banjir
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta disarankan untuk segera melakukan penataan bantaran kali di Ibu Kota. Ini dilakukan sebagai antisipasi banjir yang kerap terjadi di Jakarta saat musim penghujan.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menyayangkan Jakarta kembali terendam banjir. Padahal ada beberapa langkah yang harus diambil namun Pemprov DKI tak menjalankannya.

"Penataan bantaran kali haruss dilanjutkan (karena sudah terhenti dua tahun tidajk ada pembenahan sungai). Saya kira pusat dan DKI harus segera menyepakati penataannya normalisasi atau naturalisasi atau justru keduanya dipadukan secara harmonis," kata Nirwono saat dihubungi SINDOnews, Rabu (18/12/2019).

Nirwono menambahkan, Pemprov DKI juga bisa melakukan pembebasan lahan relokasi permukiman warga, pelebaran badan sungai, penataan tepi sungai utamakan di yang paling sering kebanjiran seperti di Kali Pesanggrahan dan Kali Ciliwung. (Baca: Pemprov DKI Belum Siap Antisipasi Banjir di Jakarta)

"Optimalisasikan revitalisasi situ, danau, embung, waduk dikeruk diperdalam dan dilebarkan. Jika perlu merelokasi pemukiman warga yang berada tepat di pinggiran SDEW (minimal 35-50 m tepi SDEW bebas bangunan)," ujarnya.

Selain itu, Pemprov DKI juga diharapkan bisa merehabilitasi saluran air kota bersamaan dengan revitalisasi trotoar yang sedang dikerjakan saat ini."Pastikan saluran air berfungsi baik tidak tersumbat apapun terhubung baik dan lancar ke seluruh saluran air, fokus di kawasan yang rawan genangan air," ucapnya. (Baca: Polda Metro Jaya Catat 54 titik Rawan Banjir di Ibu Kota)
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6552 seconds (0.1#10.140)