Anies Baswedan Resmikan Pusat Pengembangbiakan Kuda Pacu

Minggu, 15 Desember 2019 - 11:49 WIB
Anies Baswedan Resmikan Pusat Pengembangbiakan Kuda Pacu
Anies Baswedan Resmikan Pusat Pengembangbiakan Kuda Pacu
A A A
JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan pusat pengembangbiakan kuda pacu berstandar internasional, Equinara Pulomas Breeding Center, di Jakarta International Equestrian Park Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu 14 Desember 2019 kemarin.

Kedatangan Anies langsung disambut Adinda Yaunita selaku Dirut Equina Global Prima yang menjelaskan secara detail proses pengembangbiakan kuda pacu. (Baca: Silpa 2019 Diproyeksi Rp5,5 T, Anies Diharapkan Maksimal di APBD 2020)

Anies mengatakan, pusat pengembangbiakan kuda pacu yang ada di Jakarta International Equestrian Park Pulomas merupakan fasilitas yang harus dimanfaatkan, terlebih setelah agenda besar Asian Games pada tahun lalu.

“Kami di Jakarta merasa bangga bahwa kota ini menjadi salah satu pusat untuk breeding kuda-kuda kelas dunia. karena itu, concern kami adalah bagaimana fasilitas kelas dunia pada saat Asian Games bisa dimanfaatkan secara maksimal, salah satunya dengan pusat pengembangbiakan ini,” ujar Anies di lokasi, Sabtu 14 Desember 2019.

Mantan Mendikbud itu menjelaskan, dengan hadirnya fasilitas kelas dunia, dilengkapi para ahli yang juga menguasai di bidang pengembangbiakan kuda pacu, maka Anies yakin kuda-kuda pacu berkelas internasional akan lahir di Jakarta.

“Kita berharap nantinya kuda-kuda potensial nanti akan lahir dari tempat ini dan bisa ikut mewarnai percaturan (equestrian) dunia, Jadi, ini adalah industri yang secara value ekonomi sangat besar, tapi secara pelaku jumlahnya tak banyak, karena itu sangat sepesifik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anies juga berharap agar fasilitas berstandar Eropa tersebut juga dimanfaatkan sebagai fasilitas pembelajaran bagi warga Jakarta.

“Kita berharap tempat ini (Equinara) membuat Jakarta diperhitungkan di level dunia. Lalu, tak kalah penting, generasi muda seperti pelajar dan lainnya bisa memanfaatkan tempat ini untuk belajar, sehingga ada generasi baru yang mengetahui kompleksitas pengelolaan tempat ini, sehingga dapat regenerasi jangka panjang,” paparnya.

Sementara itu, Adinda Yuanita, Dirut Equina Global Prima menjelaskan, Equinara Pulomas Breeding Center merupakan Pusat pengembangbiakan kudu khusus untuk sport, dimana kuda yang dikembangbiakkan dari jenis equestrian, khususnya kuda womblat yang merupakan ras dari eropa.

“Kebetulan kuda untuk sport ini mereka kuda khusus yang pengembangbiakannya telah dilakukan evolusi dan selective breeding ratusan tahun di eropa. Nanti dengan dilakukan selective breeding yang sama di tempat ini, kita juga akan mendapatkan kuda-kuda dengan standar yang diakui dan diregistrasi di Jerman, secara Internasional. Kemudian, kuda-kuda itu nantinya mendukung prestasi equestrian nasional,” kata Adinda.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5484 seconds (0.1#10.140)